/ Politik / Hasil Sementara, Aiyub dan Rahman Puteh Kejar -Kejaran di Pidie Jaya

Hasil Sementara, Aiyub dan Rahman Puteh Kejar -Kejaran di Pidie Jaya

Pilkada---
Redaksi on 30 Oktober 2013 - 12.14 in Politik, Politik Aceh

acehbaru.com | Pidie Jaya  - Pilkada Pidie Jaya (Pijay) dan Kota Subulussalam, Selasa 29 Oktober 2013  telah melahirkan pasangan kepala daerah/wakil kepala daerah terpilih untuk masing-masing daerah. Menurut data dari Desk Pilkada, di Pijay, pasangan yang diusung Partai Aceh (PA), Aiyub Abbas/Said Mulyadi mengumpulkan 30.216 suara (41,55 persen). Sedangkan pasangan Merah Sakti/Salmaza yang merupakan jagoan lintas partai berjaya di Kota Subulussalam.

Dari Meureudu dilaporkan, proses pilkada di kabupaten itu–mulai pencoblosan hingga penghitungan suara–berjalan aman dan lancar. Dari delapan kecamatan di Pijay, terdapat 297 TPS yang tersebar di 222 desa.

Data dari Desk Pilkada Pijay memperlihatkan hingga petang kemarin pasangan Tgk H Aiyub Abbas/Said Mulyadi SE MM berada di urutan teratas perolehan suara (30.216). Posisi kedua ditempati pasangan Abd Rahman/M Yusuf Ibrahim (29.648 atau 40,30 persen), dan di posisi ketika pasangan Saiful Bahri/Iqbal Idris (13.705 suara atau 18,63 persen).

Pasangan Aiyub Abbas/Said Mulyadi dan Abd Rahman/M Yusuf Ibrahim dilaporkan bersaing ketat di Bandardua dan Trienggadeng. Dari delapan kecamatan di sana, Aiyub Abbas/Said Mulyadi menang telak di Bandarbaru dan Panteraja. Sedangkan Kecamatan Trienggadeng menang tipis atau hanya selisih sekitar 400 suara.

“Data tersebut masih bersifat sementara, karena ada beberapa gampong yang belum mengirimklan data. Dijadwalkan, Rabu 30 Oktober 2013  akan final,” kata Ketua Desk Pilkada Pijay, Drs Teuku Fakhruddin kepada Serambi, Selasa petang.

Menurutnya, jika mengacu pada jumlah pemilih terdaftar (102.748), suara yang masuk sebanyak 71.887. Itu artinya, banyak yang tidak menggunakan hak pilih. Sedangkan surat suara yang rusak relatif sedikit. “Bisa jadi karena ada penduduk yang ber-KTP ganda atau ada warga yang tidak di tempat maupun alasan sibuk bekerja,” kata Teuku Fakhruddin.

Di Kota Subulussalam, berdasarkan hasil hitungan cepat Desk Pilkada setempat hingga pukul 18.00 WIB kemarin, pasangan nomor urut 3, Merah Sakti SH/Drs Salmaza (SAZA) untuk sementara menang tipis dibanding tiga pasangan lainnya.

Pasangan SAZA yang diusung sembilan partai politik (parpol) tersebut memperoleh 12.404 suara atau 32,95 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 1, Affan Alfian Bintang SE/Pianti Mala Pinem (AMAL) meraup 12.216 suara atau 32,45 persen atau selisih 188 suara (0,50 persen) dengan SAZA.

Pada urutan berikutnya ditempati pasangan nomor urut 4, H Asmauddin SE/Salihin Berutu A.Ptnh (ASLI) dengan perolehan 11.239 suara atau 29,85 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Syarifuddin/Mus Mulyadi Jabat (SYALAD) bertengger di posisi keempat dengan perolehan 1.791 suara atau 4,76 persen.

Pasangan SAZA memenangkan perolehan suara di tiga kecamatan dari lima kecamatan, yakni Simpang Kiri, Sultan Daulat, dan Rundeng. Sedangkan pasangan Affan Alfian/Pianti Mala unggul di dua kecamatan yaitu Penanggalan dan Longkib.

Pantauan langsung ke sejumlah TPS di Subulussalam, antusias warga menyalurkan hak pilih cukup signifikan dan surat suara yang rusak tergolong kecil.

Sesuai data Desk Pilkada Setdako Subulussalam, suara masuk telah mencapai 37.650 dari 44.285 daftar pemilih tetap (DPT). Partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih diperkirakan mencapai 85 persen.

Sesuai tahapan pilkada yang disusun KIP Subulussalam, rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kota dan penetapan calon wali kota/wakil wali kota terpilih dijadwalkan pada 2-4 November mendatang. Sedangkan pelantikan dan pengucapan sumpah/janji wali kota terpilih pada 5 Maret 2014.

Sekda Kota Subulussalam, H Damhuri SP MM yang juga Ketua Desk Pilkada Setdako dalam keterangan pers-nya menjelaskan, hasil perolehan suara yang mereka kumpulkan tersebut bukan merupakan data resmi dan masih bersifat sementara sehingga tidak mengikat. “Kita masih tetap menunggu penghitungan resmi oleh KIP,” kata Damhuri. [Sumber Serambi]

0 POST COMMENT

Tinggalkan Balasan