Ini Logo Pramuka Madrasah Terbaru

0
logo PPMN III 2017

acehbaru.com | Bangka Tengah — Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III tahun 2017 akan digelar pada Mei mendatang. Perpaduan ilustrasi fauna Mentilin Khas Bangka Belitung dengan angka tiga dan logo pramuka dipilih sebagai logo gelaran PPMN tahun ini.

“Logo PPMN III 2017 ini mempunyai makna filosofis tersendiri. Ilustrasi fauna Mentilin menunjukkan identitas hewan khas Bangka Belitung,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam M. Nur Kholis Setiawan saat meluncurkan logo PPMN III 2017. Peluncuran ini bersamaan dengan gelaran “Koordinasi Persiapan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional” di Kantor Bupati Bangka Tengah, Kamis (30/03).

“Ilustrasi angka 3 menunjukkan event PPMN ke-3. Ilustrasi logo Pramuka Indonesia dan ilustasi logo Pramuka Dunia menunjukkan event PPMN ini merupakan kegiatan perkemahan dalam binaan gerakan pramuka,” tambahnya.

Peluncuran logo ini juga dibarengi dengan rilis aplikasi PPMN http://madrasah.kemenag.go. id/ppmn/). Menurut M. Nur Kholis Setiawan, keberadaan aplikasi ini diharapkan akan mempermudah informasi dan komunikasi antara panitia, peserta dan para pemangku kepentingan dalam gelaran PPMN.

Aplikasi PPMN ini digunakan mulai dari proses pendaftaran kontingen daerah (konda), pendaftaran Pembina Kontingen Daerah (Binkonda), dan pendaftaran peserta. Selain itu, aplikasi ini juga berisi informasi keberangkatan konda serta daftar liasion officer masing-masing konda.

M. Nur Kholis berharap PPMN III di Kabupaten Bangka Tengah bisa lebih baik. Mengutip pesan Imam Nawawi Albantani dalam Tafsir Al-Munir (Marah Labid), Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengatakan, wa laisa ala fi’liy mazid, walakin likulli zaman tajdid (Tidak ada tambahan apapun atas perbuatanku, akan tetapi pada setiap masa ada pembaharuan).

“Kalimat ini saya ingat dalam perjalanan ke sini. Terlihat sederhana, tapi kandungan filosofinya menjadi harapan saya untuk PPMN yang ketiga ini,” ujar pria kelahiran Kebumen ini.

PPMN III akan digelar pada 14-20 Mei di Bumi Perkemahan Segantang Selawang Koba, Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai persiapan, Kemenag menggelar rapat koordinasi di Bangka Tengah.

Rapat Koordinasi Penyelenggaraan PPMN III Tahun 2017 ini diikuti para Kabid dan Kasi Kesiswaan Kanwil Kemenag provinsi seluruh Indonesia, Andalan Kwarnas Mardani Zuhri, Ketua Kwarda Hardjono, Dewan Kerja Nasional (DKN), Dewan Kerja Daerah (DKD).

Agenda utama rakor ini adalah membahas persiapan teknis penyelenggaraan dan pembahasan detil kegiatan yang akan dilakukan. Rakor juga dilakukan di lokasi bumi perkemahan Segantang Selawang Koba untuk memastikan kesiapan sarana prasarana dan melakukan simulasi teknis penyelenggaraan PPMN.

Rakor di lapangan tersebut dihadiri juga oleh Sekda Pemkab Bangka Tengah Sugiyanto dan Ketua Harian Panitia PPMN III Ari Yanuar yang juga sebagai Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bangka Tengah. (rilis)

loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY