Google Rayakan Film Unyil, Pria Inilah Penciptanya

0
Unyil

acehbaru.com – Kehebohan film Unyil dan menjadi tontonan yang tak terlewatkan bagi anak-anak yang lahir era 1980-1990-an. Google mengaprisiasinya dengan merayakan ulang tahun penciptanya Suyadi ke-84

Si Unyil merupakan karya dari Suyadi atau yang karib dengan nama panggilan Pak Raden. Sebagai sosok yang begitu akrab dengan dunia anak-anak, Pak Raden tentu punya kesan di hati banyak orang Indonesia.

Hal inilah yang membuat Google ikut serta merayakan ulang tahun ke-84 pria kelahiran 28 November 1932 ini melalui Google Doodle.

Dalam Google Doodle hari ini, Suyadi tak kelihatan seperti Pak Raden yang punya kumis dan alis tebal dengan blankon dan baju beskap khas Jawa. Ia tampak lebih muda dan mengenakan kemeja.

Dalam laman muka Google itu, Suyadi tampak berada di sebuah cermin yang juga menandakan huruf O pada Google. Dikelilingi oleh beberapa karakter ciptaannya, salah satunya adalah Si Unyil. Dalam kaca tersebut, Suyadi terlihat

Menurut penelusuran dari berbagai sumber, Suyadi adalah lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung. Tak berpuas diri dengan dunianya, ia kemudian meneruskan belajar animasi ke Prancis hingga 1963.

pak-radenTak hanya menciptakan karya yang digemari anak-anak Indonesia, Suyadi juga pernah diminta oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (dahulu Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) untuk membuat ilustrasi buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD.

Pak Raden meninggal di usia 83 tahun, yakni tanggal 30 Oktober 2015. Pria yang jago menggambar ini meninggal dunia di RS Pelni lantaran sakit infeksi paru-paru yang dideritanya.

Saat Pak Raden dikabarkan meninggal, linimasa jejaring sosial Twitter pun dibanjiri ucapan dukacita. Untuk menghormati dan mengenang pria kelahiran Puger, Jember, Jawa Timur, itu tanggal lahir Pak Raden dijadikan sebagai Hari Dongeng Nasional oleh Forum Dongeng Nasional. (liputan6)

loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY