Empat Pemimpin Abu Sayyaf Jadi Target Operasi Pasukan Filipina

0

acehbaru.com | Malaysia – Aparat tengah memburu empat komandan Abu Sayyaf yang selama ini melakukan penculikan dan penyanderaan di Sabah maupun Filipina Selatan. “Ada di daftar teratas adalah si pemarah Al-Habsi Misaya dan rekannya, Sarip Mura, disusul Radulan Sahiron dan Hatib Sawadjaan, semua adalah target untuk dieliminasi,” demikian situs berita Malaysia, The Star, menuliskan kemarin.

Dua komandan lainnya yang juga diburu adalah Idang Susukan dan Apo Mike. Meskipun demikian, sumber intelijen ragu apakah keduanya sudah tewas ataukah terluka dalam pertempuran di Pulau Jolo. Belum diketahui pula apakah Hatib masih hidup ataukah sudah mati.

Sumber-sumber intelijen menyatakan Al-Habsi, pecandu narkotik jenis sabu berusia 30-an tahun, berhasil lolos dari pengeboman militer Filipina dan jebakan di Pulau Jolo dalam beberapa bulan terakhir. Dia diyakini bersembunyi di Kota Zamboanga, Filipina Selatan. Al-Habsi diyakini telah mendanai penculikan lintas perbatasan di Sabah dengan menyediakan uang bahan bakar, kapal, dan senjata api.

Al-Habsi, yang memiliki tanah luas di Zamboanga dan properti di Kota Jolo, memiliki banyak uang dan merupakan tokoh kunci dalam sejumlah negosiasi uang tebusan. Al-Habsi diyakini telah sembuh dari luka tembak baru-baru ini dalam serangan militer Filipina yang menewaskan 10 komandan Abu Sayyaf. Beberapa kalangan meyakini Al-Habsi dilindungi beberapa pejabat militer yang menganggapnya sebagai aset. (TEMPOThe Star) 

loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY