Abu Doto Ucapkan Selamat Kepada Gubernur Terpilih

0
Doto Zaini Abdullah

acehbaru.com – Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah menyampaikan selamat kepada Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih Aceh pada Pilkada 2017, menyusul ditolaknya permohonan gugatan pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang, Selasa 4 April 2017

“Putusan MK final dan mengikat dan dilakukan tanpa pemihakan ke mana pun. Saya menyampaikan selamat kepada pemimpin Aceh yang baru,” kata Gubernur Zaini Abdullah sebagaimana diberitakan Serambi

Kepada pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, Gubernur Zaini mengharapkan bisa membawa Aceh ke arah yang lebih baik lagi di masa mendatang. “Kepada masyarakat Aceh kita serukan agar tetap bersatu, dan mengawal bersama-sama pemerintahan Aceh yang baru ini,” ujar Zaini.

Pasangan pemimpin Aceh baru itu juga diharapkan bisa merangkul segenap pihak dalam rangka membangun Aceh. Gubernur Zaini menyatakan bersedia menyumbang pikiran dan masukan-masukan apabila diperlukan oleh pemimpin Aceh yang baru nanti.

Ia menyatakan, pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah agar tetap melanjutkan program-program pembangunan yang dianggap baik yang sudah dirintis pihaknya.

Sebelumnya, pasangan nomor urut 5 Muzakir Manaf – TA Khalid mengajukan gugatan ke MK awal maret lalu. Gugatan tersebut diarahkan kepada terhadap Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh  karena dinilai lembaga penyelenggara pemilu tersebut tidak sesuai aturan dalam menyelenggarakan pemilihan kepala daerah di Aceh dan menolak penetapan suara terbanyak kepada pasangan calon Gubernur nomor urut 6 Irwandi- Nova Iriansyah yang dilakukan KIP Aceh.

Namun hakim MK yang menyidangkan kasus sengketa pilkada Aceh tetap menggunakan UU Pilkada, dan mengabaikan tuntutan pemohon yang menginginkan sengketa Pilkada Aceh di sidangkan dengan menggunakan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA), dalam kasus tersebut Majelis menyebutkan pemohon  tidak memenuhi aturan ambang batas yang ada di dalam pasal 158 UU No 10 Tahun 2016.

Karena hasil pemilihan kepala daerah pada, 15 Februari 2017 lalu pasangan calon Gubernur Aceh nomor urut 5 Muzakir Manaf – TA Khalid selaku pemohon hanya  mendapatkan 766.427 suara, sementara pihak terkait calon Gubernur nomor urut 6 atas nama Irwandi-Nova Iriansyah mendapat 2.414.801 suara. Dari jumlah tersebut, dalam aturan perselisihan disebutkan hanya mencapai 1,5 persen suara atau 36.222 suara., untuk kasus tersebut selisih suara antara Irwandi-Nova dan Muzakir-Khalid mencapai 132.283 suara atau 5,48 persen. (ira)

loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY