48 Anak Aceh Timur Jalani Operasi Bibir Sumbing

0
Bibir Sumbing | ilustrasi

acehbaru.com | Aceh Timur – Sebanyak 48 anak penderita bibir sumbing dengan berbagai usia menjalani operasi bibir sumbing, kegiatan tersebut dilaksanakan Yayasan Smile Train dan RSUD Zubir Mahmud Aceh Timur dan Pemkab Aceh Timur

Kegiatan akan berlangsung sejak 17-18 Maret 2017, para peserta didaftar melalui petugas PKH dan Dinas Sosial Aceh Timur.

“Kegiatan ini bukan perdana di Aceh Timur, karena sebelumnya kita telah melaksanakan operasi penderita bibir sumbing asal Aceh Timur dengan membawanya ke Banda Aceh. Namun kali ini sangat kita apresiasi mereka tidak perlu lagi operasi kesana, lantaran dokter dan alat sudah didatangkan ke Aceh Timur,” kata Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky

Koordinator Smile Train Propinsi Aceh, Rahmad Maulizar, menyebutkan, timnya yang diturunkan ke Aceh Timur dalam proses bakti sosial operasi bibir sumbing sebanyak 20 orang terdiri dari dokter spesialis bedah plastik, spesialis bius dan tim medis lainnya seperti dokter umum dan perawat. “Hari ini kegiatannya peserta melakukan cek darah, HB dan berat bedan ke laboratorium,” katanya.

Secara spesifik, untuk bayu usia tiga bulan dengan berat badan lima kilogram sudah dapat diambil tindakan operasi. Untuk penderita bibir sumbing dengan celah langit-langit bocor tindakan operasi diambil disaat berat badan 10 kilogram dengan usia sembilan bulan.

“Artinya, pasien tidak harus menunggu umur dewasa untuk diambil tindakan operasi, karena tim medis yang didatangkan sudah berpengalaman dan profesional dibidangnya,” kata Rahmad Maulizar.

Rahmad Maulizar juga mengapresiasi Pemkab Aceh Timur, karena kedatangan pihaknya ke Aceh Timur benar-benar dibantu dalam proses bakto sosial tersebut, karena sleuruh pasien sudah didata dan dikumpulkan.

“Kita berharap Pemkab lain khususnya di Aceh dapat mengikuti jejak Pemkab Aceh Timur, karena kami (Yayasan Smile Train, siap bekerjasama dengan siapapun,” tandas Ramad Maulizar. (mil)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY