Header Ads

Peringatan 12 tahun Tsunami: Ini Proses Tsunami itu Terjadi

acehbaru.com - Walaupun sudah banyak training dan laporan media tentang bagaimana tsunami itu terjadi, namun tidak salah jika kita membaca dan mengenal lebih dalam tentang peristiwa dahsyat yang pernah menimpa Aceh 12 tahun silam,  tepatnya pada, Minggu 26 Desember 2004.

Lucy Rodgers dan Gerry Fletcher dari bbc.co.uk/indonesia sempat menuliskan proses tersebut dan menyebutnya dengan Getaran gempa yang terbesar sepanjang sejarah dan menciptakan patahan sepanjang 1.500 km dari Aceh sampai Andaman

Satu dekade lalu, sebuah gempa terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi di pesisir Indonesia, memicu tsunami yang menyapu seluruh komunitas di sekitar Samudera India.

Sekitar 228.000 orang meninggal akibat gempa dengan kekuatan 9,1 dan gelombang raksasa yang menerjang pesisir pada 26 Desember 2004.

Kerugian akibat kerusakan yang terjadi diperkirakan mencapai sekitar US$10 milliar.
Bagaimana gelombang tsunami terjadi :

Minggu, 26 Desember 2004 setelah gempa menguncang, menyebabkan tsunami di Samudera Hindia dari Indonesia ke Sri Lanka dan seterusnya.

[caption id="attachment_32432" align="alignnone" width="640"]proses-tsunami-itu-terjadi Simulasi tsunami Aceh yang dilakukan oleh NOAA (NOAA/Getty)[/caption]

[caption id="attachment_32433" align="alignnone" width="640"]proses-tsunami-itu-terjadi Simulasi tsunami Aceh yang dilakukan oleh NOAA. (NOAA/Getty)[/caption]

Getaran gempa merupakan yang terbesar sepanjang sejarah dan menciptakan patahan sepanjang 1.500 km dari Aceh sampai Andaman.

Dimulai dari dasar pusat gempa, getaran bergerak ke utara sepanjang 2 km, terjadi sekitar 10 menit, menurut Observasi Tektonik di Institut Teknologi di California.

Getaran gempa yang memanjang menunjukkan tsunami menerjang wilayah yang sangat jauh dari pusat gempa, seperti Meksiko, Cile, dan Kutub Utara, dengan kekuatan gelombang yang melemah.

Kecepatan gelombang mencapai lebih dari 800km per jam.

[caption id="attachment_32434" align="alignnone" width="640"]Simulasi komputer yang terjadi setelah tsunami menerjang. (BBC Indonesia) Simulasi komputer yang terjadi setelah tsunami menerjang. (BBC Indonesia)[/caption]

Peragaan melalui komputer setelah tsunami, memperkirakan gelombang telah mencapai ketinggian 20 meter di sejumlah wilayah.

Bagaimanapun, penyelidikan yang dilakukan para ilmuwan terhadap kerusakan yang terjadi di Aceh, menemukan bukti kuat bahwa gelombang mencapai ketinggian 20-30 meter di tempat itu.  (bbc.co.uk/indonesia)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.