Header Ads

Pelaksanaan Dana Desa di Aceh Tamiang Mulai Lahirkan Spanduk Protes

acehbaru.com – Pelaksanaan pembangunan dana desa yang sejatinya diamanatkan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa harus partisipatif, transparan dan akuntabel, namun sepertinya jauh bergeser dari tuntutan undang-undang. Senin, 27 Sept 2016

Seperti yang terjadi di sebuah desa di Aceh Tamiang yang tiba-tiba muncul spanduk yang bernada protes muncul dijalan desa.

dana-desa-1Dalam pasal 4 UU Desa pada poin 4 disebutkan alokasi dana desa salah satu tujuannya adalah mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi masyarakat Desa untuk pengembangan potensi dan Aset Desa guna kesejahteraan bersama.

Bahkan untuk mewujudkan keikutsertaan masyarakat dalam setiap jenjang dilakukan perekrutan perangkat tambahan yaitu sejumlah pendamping, melakukan serangkaian tugas  mendampingi desa.

Namun fakta dilapangan harapan undang-undang dan target pemerintah dengan dana desa ini dapat mewujudkan kesejahteraan desa dan dapat menangkal radikalisme masyarakat  sepertinya tidak bakal terlaksana karena dihambat oleh ulah oknum–oknum di desa yang melakukan pengelolaan dana desa tidak sesuai dengan amanat UU Desa. (lia)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.