Header Ads

Aceh Timur Tandatangani MoU Pelestarian Lingkungan

acehbaru.com | Aceh Timur – Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky menandatangani MoU Kerjasama Rencana Pertumbuhan Hijau Bidang Pelestarian Lingkungan dengan pihak IDH Indonesia, Jumat 23 September 2016. Kegiatan penandatanganan yang dirangkai dengan sosialisasi itu dipusatkan di Hotel Royal Internasional di Idi.


Hadir dalam kesempatan itu Direktur IDH Indonesia, Fitrian Andriansyah, Program Manager IDH, Ruben, Direktur FKL, Rudi Putra, Kadishutbun Aceh Timur Iskandar SH, pimpinan perusahaan perkebunan dan para perwakilan LSM peduli lingkungan serta puluhan peserta dari instansi terkait.


Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky dalam Sosialisasi dan Penandatanganan MoU Kerjasama Rencana Pertumbuhan Hijau menjelaskan, pelestarian lingkungan merupakan kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dan terencana dalam menangani permasalahan lingkungan demi keberlangsungan kehidupan.


“Pelestarian harus terus digalakkan dengan melakukan penghijauan di lahan yang butuh penanganan akibat pelaksanaan berbagai kegiatan seperti peruntukan perkebunan, illegal logging dan lainnya di lahan kritis maupun KEL yang menjadi penyangga sebagai paru-paru dunia,” kata orang nomor satu di Aceh Timur ini yang akrap disapa Rocky.


Dia menambahkan, penghijauan dan pelestarian perlu dilakukan mengingat Kab. Aceh Timur bersinggungan langsung dengan KEL dan itu menjadi perhatian dunia. Dalam wilayah Kab. Aceh Timur, kara Rocky, terdapat beberapa perusahaan perkebunan yang memiliki HGU mengelola komoditi berupa karet dan sawit.


“Tetapi adanya beberapa permasalahan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pengawasan usaha perkebunan diantaranya kurangnya koordinasi antar instansi yang berwenang terhadap perizinan usaha perkebunan, tidak ada kejelasan tapal batas di lapangan antara HGU dengan HGU lainnya dan antara HGU dengan kebun masyarakat,” katanya.


Oleh karenanya, Rocky berharap, berbagai permasalahan yang timbul tidak menganggu kelestarian maupun ekosistem lingkungan. “Pemkab Aceh Timur sangat mendukung pelaksanaan kerjasama rencana pertumbuhan hijau dengan rencana aksi, strategi dan sistem perencanaan, melakukan kerjasama dengan sektor swasta, lembaga donor, para peneliti maupun mitra kerja lainnya,” ujarnya. (mil).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.