Header Ads

TNI dan Polres Langsa Grebek Kilang Padi Kloning Jaya Tempat Sindikat Pemalsuan Benih

acehbaru.com | Langsa – Anggota TNI dari Kodim 0104 Aceh Timur menggrebek  kilang padi (penggilingan padi) Kloneng Jaya di Kampung Krung Sikajang, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Anggota Polres Langsa, Rabu  3 Agustus 2016. Di Lokasi polisi dan TNI temukan barang bukti lebih kurang 15 ton. Jumat, 5 Agustus 2016

Waka Polres Langsa, Kompol Andi Kirana SH SIK, Kamis 4 Agustus 2016 sebagaimana diberitakan Serambi mengatakan, masyarakat melaporkan bahwa di pabrik penggilingan padi Kloneng Jaya tersebut ada aktivitas pemalsuan merk benih padi. Dari informasi itu pihaknya melakukan pengintaian ke lokasi.

Kemudian tim gabungan Polres Langsa, Rabu 3 Agustus 2016 sore langsung melakukan penggerebekan ke pabrik penggilingan padi Kloneng Jaya. Menurut keterangan pengelola pabrik berinisial AT (40), warga Kampung Seneubuk Punti, Kecamatan Manyak Payed, diperoleh keterangan bahwa ia hanya melakukan pembungkusan (packing) saja.

Hal itu ia lakukan atas permintaan pemilik benih padi palsu, berinisial ER (43), warga Kampung Matang Tepah, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang. Sedangkan ER, menerima kiriman bibit padi sejumlah 17 ton.

Setelah disortir, benih itu menjadi 15 ton bibit padi siap dikemas ke dalam kemasan berlabel bibit unggul tersebut. Sementara di lokasi pabrik itu bibit unggul yang telah dimasukkan ke dalam kemasan ukuran 5 Kg, sebanyak lebih kurang 15 ton.

Saat ini, pemilik pabrik penggilingan padi AT dan pemilik benih ER, sudah diamankan ke Mapolres Langsa untuk pemeriksaan lebih lanjut, serta sejumlah barang bukti (BB) benih padi yang diduga telah dipalsukan. (Serambi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.