Header Ads

Lahan Gambut Terbakar di Aceh Singkil

acehbaru.com | Aceh Singkil - Puluhan hektar lahan gambut di Aceh Singkil kembali terbakar, akibatnya asap pekat menyelimuti pemukiman setempat, api yang cepat merambat serta medan yang sulit membuat pihak BPBD dibantu kepolisian kesulitan memadamkannya, Rabu 10 Agustus 2016.

Titik api yang semula berada di Desa Selok Aceh, Suka Damai dan Ujung Bawang sekarang meluas hingga ke Desa Pulau Sarok, menghanguskan lahan gambut yang berada di pinggir Pantai, meski dibeberapa titik api sudah mulai dipadamkan namun asap pekat masih menyelimuti pemukiman setempat.

Medan yang jauh dan tidak bisa dijangkau dengan kendaraan membuat Personil pemadam BPBD Singkil dan Kepolisian terpaksa menggunakan alkon untuk menyedot air laut dari tepi pantai.

"Kami telah berupaya memadamkan api dengan mengambil air dari laut, tapi karna titik apinya mulai jauh selang tidak sampai lagi, jarak dari tepi pantai ke titik api sekitar 300 meter, namun kami akan berupaya sebisa mungkin memadamkan api ini", ungkap Hadi sebagai danru D pemadam kebakaran BPBD Aceh Singkil.

Kebakaran lahan ini diduga akibat pembersihan lahan yang dilakukan dengan cara dibakar, akibatnya api yang dibakar merembet dengan cepat kepemukiman warga.

Dikatakan, dalam proses pemadaman sudah puluhan hektar lahan gambut di Desa Selok Aceh, desa Ujung bawang, Desa Suka damai dan Desa Pulau Sarok terbakar, api menyebar di sejumlah titik yang ada di empat Desa itu, saat ini api mulai mendekati pemukiman warga terlihat di desa Selok aceh.

[caption id="attachment_31240" align="alignnone" width="704"]Polisi memadamkan kebakaran  Lahan Gambut di Aceh Singkil, Kamis, 11 Aug 2016 | foto Wan acehbaru.com Polisi memadamkan kebakaran Lahan Gambut di Aceh Singkil, Kamis, 11 Aug 2016 | foto Wan acehbaru.com[/caption]

Akibat kebakaran lahan gambut itu jalan menuju Singkil dan sebaliknya sempat terganggu asap kabut membuat jarak pandang berkisar 100 meter dalam beberapa jam.

Dari pantauan acehbaru.com hingga malam ini personil Pemadam kebakaran BPBD Singkil dan Puluhan personil Kepolisian dari Polres Aceh Singkil dan Polsek Singkil berjibaku memadamkan api di Desa Selok Aceh Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil.(Wan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.