Header Ads

Sekda Aceh Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

acehbaru.com | Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan MM mengajak seluruh masyarakat Aceh menjadikan momentum Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayatinya.

Hal tersebut di sampaikan Dermawan dalam sambutan nya saat memimpin upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Duniake 44 di Halaman Kantor Gubernur Aceh.

“Kita harus melestarikan lingkungan dan ekosistem yang ada di dalamnya untuk anak-anak cucu kita dimasa yang akan datang,”.  Kata Dermawan.

Dermawan menjelaskan, peringatan Hari Lingkungan Hidup tersebut bertujuan untuk menyadarkan semua pihak agar ikut bertanggung jawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor bagi penyelamatn ekosistem.

Selain melakukan langkah pencegahan perusakan lingkungan lanjut Dermawan, upaya konservasi juga perlu terus di tingkatkan, Melalui konservasi, berbagai jenis flora dan Fauna juga akan turut dilestarikan.

“Kita juga perlu melakukan langkah-langah untuk mencegah pencemaran air, udara, lombah dan bahan berbahaya dan beracundan berbagai pengotoran lingkungan lainnya,” ujarDermawan.

Dalam penanganan masalah lingkungan kata Dermawan, Pemerintah Aceh menetapkan empat sasaran strategis, yaitu Penurunan beban pencemaran,  Pengendalian kerusakan lingkungan; Peningkatan kapasitas pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan, dan antisipasi terhadap potensi bencana.

“Kita perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkan semuaini, mari kita lestarikan alam, jaga lingkugan, jaga hutan dan keanekaragaman hayatinya,” tegasDermawan.

Pada kesempatan tersebut, Dermawan juga menyampaikan bahwa Laboratorium Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan  Badan Lingkungan Hidup Aceh mendapatkan Sertifikat Akreditasi yang bertaraf Internasional.

Untuk itu, Dermawan menghimbau para pengusaha dan berbagai pihak yang peduli lingkungan untuk memanfaatkan laboratorium tersebut.

Sementara itu, Ketua Komite Akreditasi Nasional, Prof. Dr. Bambang Prasetya mengatakan, dengan sertifikat tersebut, Bapedal Aceh dapat terus berkiprah untuk melestarikan lingkungan di Aceh yang mengacu sesuai dengan referensi internasional.

Pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia ke 44 tersebut, juga diserahkan Piala penghargaan Adi Pura Kirana kepada Kota Banda Aceh dan Kota Langsa yang mendapatkan piala dan sertifikat. Selain itu juga diserahkan berbagai hadiah dan penghargaan lainya. ( rilis )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.