Header Ads

Ribuan warga padati tempat wisata di Aceh Singkil

acehbaru.com | Singkil - Ribuan warga padati Pantai Cemara Indah (PCI) Desa Gosong Telaga Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil, warga yang datang kepantai ini bukan hanya dari Aceh Singkil namun ada juga pengunjung dari Kota Subulussalam dan Kota Sidikalang Sumatera Utara Kamis, 7 Juli 2016

Pantauan Acehbaru di pantai Cemara Indah Gosong Telaga misalnya, ribuan warga tampak tumpah ruah di lokasi yang terletak 15 kilo meter arah Barat Ibu Kota Singkil dan 50 kilo meter arah Timur Kota Subulussalam.

"Tingkat kepadatan pengunjung mulai terlihat sejak hari kedua atau H+2 Lebaran dan terus meningkat hingga hari ini. Biasanya puncak kepadatan pengunjung akan terjadi dua sampai ke empat lebaran," kata salah satu petugas di obyek wisata Pantai Cemara Indah.

[caption id="attachment_30814" align="alignnone" width="704"]Warga padati pantai Gosong | Foto Wan/acehbaru.com Warga padati pantai Gosong | Foto Wan/acehbaru.com[/caption]

Dia mengatakan, pengalaman setiap liburan hari besar agama, seperti Lebaran dan Tahun baru , objek wisata Pantai Cemara Indah ini selalu mengalami peningkatan pengunjung, jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada hari biasa.

Jika pada hari biasa, lanjutnya, pengunjung obyek wisata Pantai ini berkisar hanya 50 hingga 100 orang. Maka pada hari raya besar seperti hari ini, terjadi lonjakan pengunjung antara 4000 sampai 5000 orang.

Pemandangan serupa juga terlihat di Pantai Danau Belibis, Desa Pulau Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Khairuman salah seorang warga yang bermukim di dekat lokasi wisata itu, mengatakan kepada acehbaru.com para pengunjung, baik yang menggunakan kendaraan terbuka, sepeda motor maupun kendaraan pribadi mulai berdatangan ke lokasi tersebut sejak pagi"

Pantai Danau Belibis Pulau Sarok-singkilPara pengunjung yang datang memilih tiga objek wisata di daratan Aceh Singkil, yaitu Pantai Cemara Indah Gosong Telaga, Pantai Danau Belibis Pulau Sarok dan wisata religi, sebuah makam Ulama besar Syeh Abdurrauf Assingkily, terletak di Desa Kilangan Kecamatan Singkil, biasanya pengunjung yang datang kemari melakukan ritual, seperti membaca Al Quran serta memanjaatkan doa, setelah pengunjung selesai dari wisata religi barulah mereka beranjak ke pantai untuk melepas lelah bersama keluarga mengisi liburan Lebaran.

[caption id="attachment_30819" align="alignnone" width="704"]Makam Ulama besar Syeh Abdur Rauf As Singkily Makam Ulama besar Syeh Abdur Rauf As Singkily[/caption]

Pada hari ketiga lebaran ini pengunjung yang datang mencapai 7000 orang di tiga temapat wisata itu, sejak pukul 10:00 Wib hingga pukul 12:00 Wib pengunjung mulai memasuki kawasan wisata itu.

Salah seorang pengunjung di Pantai Cemara Indah (PCI) Nuraisyah mengatakan, dirinya bersama keluarga berkunjung ke objek wisata tersebut untuk berekreasi mengisi liburan Lebaran.

"Jenuh juga tinggal terus di rumah. Pas hari libur seperti ini, saya bersama keluarga ingin melepas lelah, sekaligus menikmati pemandangan alam pantai Cemara Indah ini," katanya.

Sementara itu, Mardiah salah seorang pengunjung yang ditemu acehbaru di Pantai Danau Belibis mengatakan, ia bersama teman-temannya sengaja memilih pantai itu, lantaran selain dekat juga lokasinya cukup bersih dan sudah ditata baik.

“Kebetulan obyek wisata Pantai ini lebih dekat dan mudah untuk menjangkaunya kami memilih datang ke tempat ini," imbuhnya.

Sama halnya dengan lokasi wisata religi. Tempat itu sudah sangat akrab dengan warga Aceh Singkil dan sekitarnya, juga dipadati pengunjung yang ingin berziarah.

“Ini sudah menjadi tradisi setiap lebaran kami datang kemari untuk membayar niat, berziarah dan memanjatkan doa, ucap, jubaidah pengunjung wisata religi. (wan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.