Header Ads

Musabaqah Di Gampong Lamkawe Berakhir Meriah

acehbaru.com | Pidie- Berbagai aneka lomba yang di gelar pada Musabaqah di Lamkawe kecamatan Kembang Tanjung, Pidie berlangsung sangat meriah dan antusiasnya warga dalam mengikuti berbagai jenis perlomabaan yang di diadakan oleh para pemuda, perantau dan seluruh warga gampong setempat.

Bahkan tidak kurang dari seribuan warga yang selalu setia selama empat malam berturut-berturut menyemarakkan musabaqah yang perdana tingkat desa di Kembang Tanjung bahkan kabupaten sebagai mana diungkapkan camat Kembang Tanjung pada malam pembukaan kemarin 10 Juli 2016.

Musabaqah ini ditutup secara resmi oleh Bapak Camat Kembang Tanjong, Khaled, S.Sos Kamis Malam, 14 Juli 2016. Turut hadir dalam acara ini Seluruh Jajaran Muspika Kembang Tanjong, Seluruh keordinator Mukim, dan Seluruh Bapak Keuchik dalam kecamatan Kembang Tanjong, Elemen Masyarakat Se-Kecamatan Kembang Tanjong.

Dalam penutupannya, Bapak Camat Kembang Tanjong menyampaikan bahwa acara semacam inisangat penting dan harus berkelanjutan untuk menumbuh minat belajar agama generasi penerus,”Perlombaan seperti ini perlu untuk dilestarikan, dan harus tetap dijaga untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya, guna untuk menumbuhkan bibit unggul dalam bidang agama, karena dengan adanya acara musabaqah ini, bisa menumbuhkan semangat belajar anak-anak kita” pinta Camat dengan penuh harapan.

Beliau juga berharap acara yang semacam ini bisa dilaksanakan khususnya di setiap desa di kecamatan Kembang Tanjung dan umumya di seluruh kabupaten Pidie. Disamping itu tokoh Muda Kabupaten Pidie sekaligus Ketua Dewan Hakim mengapresiasi langkah maju pemuda Lamkawe,”Semenjak dari persiapan hingga acara selesai, para pemuda gampong Lamkawe dibantu masyarakat setempat begitu kompak dan sangat antusiasnya terhadap kegiatan keagamaan, ini patut diteladani oleh pemuda lain di Kecamatan Kembang Tanjung bahkan Aceh pada umumnya”, ujar Teungku Ahyar M. Gade, MA sang penyuluh teladan Kabupaten Pidie tahun 2015 dan 2016 juga ketua RTA Pidie di sela-sela penutupan musabaqah

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dalam rangka memeriahkan 1 Syawal 1437 H, santri Pemuda Desa Lamkawe mengadakan acara Musabaqah yang diikuti oleh setiap anak-anak yang ada dalam Desa Lamkawe Kecamatan Kembang Tanjong Pidie, Acara ini terselenggara karena antusias dari pemuda Desa Lamkawe yang ingin membina kader kader yang kompetensi dalam ilmu agama.

Acara Musabaqah yang berlangsung selama 4 malam dari tanggal 10  hingga 14 Juli 2016, sedangkan dalam acara musabaqah ini ada lima cabang lomba yang diperlombakan yaitu; lomba baca kitab Matan Taqrib, lomba pidato, lomba azan, lomba fahmil Quran (Cerdas Cermat), dan lomba Hafidh Al-Qurans yang di ikuti oleh peserta tingkat SD, SMP dan juga SMA.

Panitia musabaqah yang juga ketua pemuda dalam laporannya menyebutkan, “Dalam musabaqah ini, kami panitia di samping memberikan hadiah berupa tropi ,piagam dan uang pembinaan bagi sang juara dari setiap cabang lomba juga memberikan hadiah hiburan bagi anak-anak yang belum memperoleh prestasi untuk membangkitkan semangat berlajar mereka untuk kedepannya” ungkap Teungku Edi Kurniawan Abdullah yang juga mantan Ketua PPK Kembang Tanjung.

 Tausyiah Abu Ishak Langkawe

Pada penutupan Musabaqah di gampong Lamkawe, sebelum penyerahan tropi dan penghargaan kepada sang juara lomba terlebih dahulu disampaikan  siraman rohani oleh al-Mukarram Abu Ishak Langkawe selaku pimpinan Dayah Baldatul Mubarakah Kembang Tanjung.

Dalam tausyiahnya Abu menyebutkan maju tidaknya suatu bangsa dan agama tergantung sejauh mana peran serta para pemuda didalamnya.

Abu sebagai salah seorang ulama kharismatik dan juga salah seorang  ahli sastra Arab di bidang ilmu “Arudh, menyebutkan dalam tausyiah pentingnya sayembara dan perlombaan seperti ini sebagai pembais  (motivator) dan penghargaan terhadap mereka pelajar agama, ”Perlombaan semacam ini dapat meningkatkan motivasi belajar anak-anak disamping juga merupakan sebagai wujud dari penghargaan dan kepedulian masyarakat terhadap kemampuan pelajar agama”, ungkap Abu yang juga salah seorang anggota MPU Propinsi Aceh di halaman Meunasah Gampong Lamkawe yang dihadiri lautan pengunjung musabaqah tadi malam. (Helmi-Jurnalis Warga)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.