Header Ads

Jamaah Satariyah Di Aceh Singkil Duluan Satu Hari Berlebaran



acehbaru.com |  Singkil- Jamaah Tarekat Satariyah di Desa Tanjung Mas Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil hari ini Selasa, 5 Juni 2016 menetapkan 1 Syawal 1437 Hijriah, mereka menetapkan 1 Syawal lebih awal dari Pemerintah.

Pemimpin jemaah Tarekat Satariyah Desa Tanjung Mas Mursyid Ustaz Ali Sadikin, mengatakan ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Tanjung Mas, dasar menetapkan 1 syawal itu buang lima-lima sama dengan tahun 215 lalu puasa disini genap selama 30 hari. Dengan demikian, hari ini dilaksanakan shalat Idul Fitri.

[caption id="attachment_30793" align="alignnone" width="704"]Jamaah Satariah Aceh Singkil melaksanakan Shalat Ied pada, Selasa, 5 Juli 2016. sehari lebih awal dari ketetapan pemerintah | Foto Wan/acehbaru.com Jamaah Satariah Aceh Singkil melaksanakan Shalat Ied pada, Selasa, 5 Juli 2016. sehari lebih awal dari ketetapan pemerintah | Foto Wan/acehbaru.com[/caption]

Terkait dengan perbedaan penetapan 1 syawal dengan Pemerintah, Ali Sadikin mengatakan.

"Saya rasa masalah perbedaan itu tidak perlu dipermasalahkan, dua hitungan bulan syamsiah dan qamariyah, sudah menjadi kebiasaan di Indonesia ini, dan disamping perbedaan itu menjadi keindahan kita kususnya di Indonesia ini" sebut Ali Sadikin .

Sebelumnya, pengikut tarekat Satariyah ini juga lebih awal menetapkan 1 Ramadan 1437 H, yaitu pada 4 Juni 2016. Penghitungannya dimulai dari huruf awal Hijriah dan dijumlahkan dengan huruf Ramadan yang ada pada kalender. Hal ini mereka lakukan sudah sejak turun-menurun sesuai dengan Al Qur’an dan Hadis.

Ratusan warga dan anggota jemaah Satariyah, yang ada di Desa Tanjung Mas terlihat menggelar salat Idul Fitri, di Masjid Ubudiyah Desa Tanjung Mas.

Adapun pemerintah menentukan 1 Syawal pada hari Rabu besok.(wan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.