Header Ads

Calon Independen Di Aceh Singkil Wajib Kumpulkan 3857 KTP

acehbaru.com |  Singkil-Bakal Calon (Balon) Bupati-Wakil Bupati Aceh Singkil yang akan maju melalui jalur Independen (Perseorangan) wajib mengumpulkan sebanyak 3857 copian KTP dari jumlah 128.543 jiwa penduduk Aceh Singkil. Jumat, 15 Juli 2016

Dari jumlah 128.543 jiwa itu, merupakan Data Akhir Kependudukan (DAK) yang dihimpun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hingga Maret 2016.

"Calon perseorangan harus mengumpulkan sebanyak 3 persen dukungan dari jumlah penduduk, atau 3857 KTP sebagai syarat pencalonan mutlak", kata Yarwin Adi Dharma, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil dalam serangkaian kegiatan sosialisasi tahapan penyelenggaraan dan tata cara penyampaian dukungan syarat Balon perseorangan dan cara penggunaan Aplikasi Silon, pada pemilihan Bupati-Wakil Bupati tahun 2017, di Media Center KIP, Rabu 13 Juli 2016

Dijelaskannya, tahapan  pencalonan perseorangan mengacu kepada Undang Undang Pemilihan Aceh (UUPA), bahwa pencalonan perseorangan harus mengumpulkan dukungan KTP sebanyak 3 persen dari jumlah Penduduk, yang tersebar minimal di 6 Kecamatan dari 11 Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil.

"Sosialisasi dilaksanakan untuk menyatukan persepsi dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan pada Februari 2017 mendatang," kata Yarwin.

Silon adalah sebuah aplikasi sistem informasi mulai dari pencalonan pemberian informasi sampai tahapan pilkada, berbentuk aplikasi yang secara online. Tujuannya KPU Pusat inginkan ketransparanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak di 101 Daerah di Indonesia, "Makanya KPU ingin data-data calon terintegrasi dan dapat langsung dilihat masyarakat," tambahnya.

KTP yang telah diserahkan akan diteliti apakah ada dukungan ganda dan mencukupi jumlahnya serta sudah tersebar di 6 Kecamatan. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual untuk turun langsung kepemilik KTP memastikan dukungan tersebut, dengan bukti format isian model B1KWK untuk calon perseorangan yang akan diisi perdesa.

Sedangkan tahapan pendaftaran kata Tita Rospita komisioner KIP Divisi Bid. Pencalonan, dimulai 19-21 September. Penetapan Paslon 22 Oktober secara serentak dan 23 Oktober pengundian nomor urut paslon sebelum dilaksanakannya pemilihan serentak 15 Pebruari 2017.

Yarwin menambahkan "Kami berharap apa yang telah disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini dapat disampaikan kepada masyarakat, baik itu tahapan Pilkada, maupun tata cara percalonan dari partai politik maupun dari calon perseorangan.”

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan Partai Politik, Lembaga Swadaya masyarakat (LSM), Panwaslih Aceh Singkil, Media Cetak dan Elektronik.(Wan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.