Header Ads

BNN Kota Lhokseumawe Luncurkan Program Saluem Sikula

acehbaru.com | LHOKSEUMAWE – Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Lhokseumawe, menggelar program Saleum Sikula. Program ini dikhususkan di lingkungan dunia pendidikan yang bertujuan agar siswa mengetahui bahaya narkoba dan pencegahannya.

Kegiatan puncak dilaksanakan di SMPN 15 Lhokseumawe, Minggu, 31/7 2016. Kepala BNN kota Lhokseumawe, Saiful Fadli menyebutkan untuk SMPN 15 Lhokseumawe ditunjuk sebagai pilot proyek untuk sekolah menengah pertama. Sedangkan untuk sekolah tingkat dasar pilot proyeknya ditunjuk SDN 12 Banda Sakti Lhokseumawe.

“ Sesuai jadwal  kali ini workshop di lingkungan pendidikan dilaksanakan di dua sekolah dimaksud yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 30 hingga 31 Juli diruang pertemuan sekolah masing masing,” sebut Saiful Fadli, kemarin.

Dikatakannya, Saleum Sikula adalah program pencegahan yang berbasis sekolah dengan mengedepankan guru sebagai pengajar dan pendidik. Melalui workshop ini guru ditingkatkan pemahamannya tentang bahaya Narkoba, berprilaku hidup sehat, berbudaya dan memahami nilai syariat islam sehingga mampu memberikan penyuluhan terhadap siswanya.

“Materi ini dari BNN Kota lhokseumawe dengan stakeholder pendukung yaitu dinas kesehatan, dinas syariat islam , Dinas pendidikan pemuda dan olahraga, majelis adat aceh (MAA) dan badan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga sejahtera (BP3AKS),” sebutnya.

Saiful Fadhli berharap melalui program Saleum Sikula, peran guru dapat dioptimalkan terutama dalam memberi penyuluhan berupa pesan singkat dan sederhana setiap hari yaitu sebelum waktu belajar di pagi hari dan sebelum akhir jam sekolah atau usai pelajaran terakhir, teknik penyampaian pesan.

“ Saleum Sikula berupa teknik Ice Breaking yang mudah, sederhana dan efektif sehinga membuat siswa terinspirasi dan termotivasi untuk menolak Narkoba,” tutup Kepala BNN. ( FIQ )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.