Header Ads

Seorang Pegawai Rutan Lhoksukon dan 9 Napi Positif Narkoba

acehbaru.com | Aceh Utara- Rutan Lhoksukon bekerjasama dengan BNN Lhokseumawe melakukan tes urine terhadap sejumlah narapidana dan pegawai Rutan (Sipir), Rabu 4 Mei 2016. Hasilnya, sembilan napi dan satu pegawai Rutan  positif pengguna narkoba.


Kepala Rutan Lhoksukon, Effendi, kepada wartawan mengatakan, hal itu dilakukan sesuai arahan Kementerian Hukum dan HAM. Tes urine ini dilakukan untuk seluruh pegawai (sipir) dengan jumlah total 24 orang, termasuk dirinya.


"Tes Urine juga dilakukan  terhadap 26 narapidana yang dicurigai sebagai pengguna narkoba, hasilnya 10 orang positif narkoba, sembilan narapidana dan satu pegawai rutan," kata Effendi.


Effendi menambahkan, angka pengguna narkoba untuk pegawai Rutan menurun jika dibandingkan dengan sebelumnya yang terdapat dua sipir positif narkoba.


Sesuai arahan dari Kemenkum dan HAM, kata Effendi, pegawai yang positif narkoba akan menjalani pembinaan dan rutin melakukan pemeriksaan urine selama enam bulan di BNN Lhokseumawe.


Dikatakan Effendi, untuk narapidana yang positif akan dipanggil dan dibina serta akan ditanyai darimana barang haram itu didapat, siapa yang memasukkan ke dalam rutan? dan lainnya. "Dengan mengetahui hal itu maka kita dapat memutus mata rantainya," imbuh Effendi. (Str-mal)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.