Header Ads

Ketua DPRK : Pabrik Semen Boleh Dibangun Asal Tak Rusak Lingkungan

acehbaru.com | Aceh Tamiang – Ir Rusman Ketua DPRK Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan Pabrik Semen boleh Dibangun asal tak rusak lingkungan. Bupati telah keluarkan izin lingkungan

“Ya pabrik semen boleh dibangun, tapi jangan merusak lingkungan,” Kata Rusman kepada acehbaru.com dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu. Ia menambahkan pembangunan pabrik semen PT Tripa Semen Aceh dikawasan itu karena disana ada bahan baku. BACA JUGA : Aktivis Lingkungan Buat Petisi Selamatkan Gua Karst Kaloy dari Pabrik Semen

Diberitakan serambinews.com, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Tamiang, Syamsul Rizal, Minggu 9 Mei 2016 mengatakan, izin lingkungan berbentuk Surat Keputusan (SK) Bupati Aceh Tamiang nomor 541 tahun 2016 yang dikeluarkan untuk industri pabrik semen PT TSA ini, telah melalui proses pengurusan izin selama setahun.

“Proses itu antara lain, sidang kerangka acuan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), sidang teknis Amdal, dan sidang komisi Amdal yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan instansi terkait,” ujarnya.

Dasar hukum penerbitan izin ini yaitu Undang-Undang RI nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Pemerintah RI Nomor 27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 16 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup, dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 17 tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses Amdal.

Selanjutnya, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 08 tahun 2013 tentang Tata Laksana Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup serta Penerbitan Izin Lingkungan.

Setelah diterbitkannya izin lingkungan dari Bupati Aceh Tamiang, pihak PT TSA ini juga harus mengantongi Izin Usaha Operasi dari Gubenur Aceh, sebelum bisa memulai proses produksi

Sebagaimana diketahui PT Tripa Semen Aceh (TSA) akan membangun pabrik di Kampong Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang dengan kapasitas produksi 10.000 ton semen per hari, dengan luas areal pabrik dan penambangan, 2.549,2 Hektare. (lia)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.