Header Ads

Klopp Disambut Meriah, Liverpool Curi Gol Tandang di Dortmund

Dortmund - Liverpool berhasil mencuri gol tandang setelah bermain 1-1 dengan Borussia Dortmund, pada pertandingan leg pertama perempat final Liga Europa, di Signal Iduna Park, Kamis atau Jumat (8/4/2016) dini hari WIB. Dalam laga ini juga diwarnai sambutan spesial untuk Jurgen Klopp.

Ini adalah kali pertama Klopp kembali ke Dortmund setelah memutuskan hijrah ke Anfield pada musim panas 2015. Pelatih asal Jerman tersebut pun mendapat sambutan meriah, salah satunya adalah standing ovation dari seluruh suporter Dortmund ketika memasuki lapangan.

Adapun hasil imbang ini membuat peluang kedua tim untuk melenggang ke semifinal tetap terbuka. The Reds hanya butuh hasil imbang 0-0, sedangkan Dortmund harus menang dengan skor minimal 1-0.

Tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang pada menit-menit awal pertandingan. Pada menit ke-17, pemain Dortmund, Julian Weigi hampir membuat timnya unggul andai bola hasil sepakan kaki kananya dari dalam kotak penalti tidak diblok barisan pertahanan Liverpool.

Memasuki menit ke-34, giliran Henrikh Mkhitaryan yang mencoba unjuk gigi membangun serangan. Namun sayang, bola hasil tendangan kaki kiri pemain asal Armenia tersebut masih melebar di sisi kiri gawang Liverpool yang dikawal kiper Simon Mignolet.

Keasikan menyerang, membuat Dortmund kehilangan konsentrasi dalam bertahan. Setelah menerima umpan James Milner pada menit ke-36, Divock Origi dengan tenang melepaskan tembakan yang sukses merobek jala Roman Weidenfeller.

Jelang paruh pertama berakhir, The Reds hampir menggandakan keunggulan melalui Origi. Namun, bola hasil sepakan penyerang berusia 20 tahun itu masih bisa dihentikan Weidenfeller. Skor 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga jeda.

Selepas turun minum, Dortmund akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui gol Mats Hummels pada menit ke-48. Menerima umpan Mikhtaryan, sang kapten dengan sigap menanduk bola kiriman rekannya untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Liverpool berusaha merespons gol tersebut dengan kembali melakukan serangan demi serangan. Akan tetapi, penampilan apik yang ditunjukan Weidenfeller di bawah mistar gawang Dortmund menggagalkan sejumlah peluang Emre Can dan kawa-kawan.

Memasuki menit ke-59, giliran Marco Reus yang mengancam gawang Liverpool. Akan tetapi, bola tendangan kaki kanan pemain asal Jerman itu dengan mudah dihentikan Mignolet. Hingga laga berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Berdasar catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Liverpool menguasai 37 persen penguasaan bola dengan melepaskan 13 tembakan, dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, tim tuan rumah memperoleh tujuh peluang emas dari 16 kesempatan.

Susunan Pemain:
Borussia Dortmund: 1-Roman Weidenfeller; 6-Sven Bender (25-Sokratis Papastathopoulos 76'), 15-Mats Hummels, 26-Lukasz Piszczek, 29-Marcel Schmelzer; 10-Henrikh Mkhitaryan, 11-Marco Reus, 27-Gonzalo Castro, 33-Julian Weigl, 37-Erik Durm (18-Nuri Sahin 46'); 17-Pierre-Emerick Aubameyang (22-Christian Pulisic 77')
Pelatih: Thomas Tuchel

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 2-Nathaniel Clyne; 6-Dejan Lovren, 17-Mamadou Sakho, 18-Alberto Moreno; 7-James Milner, 10-Philippe Coutinho, 14-Jordan Henderson (24-Joe Allen 46'), 20-Adam Lallana (11-Roberto Firminho 77'), 23-Emre Can; 27-Divock Origi (15-Daniel Sturridge 84')
Pelatih: Jurgen Klopp

Wasit: Carlos Velasco Carballo (Spanyol)

Sumber: (Liputan6.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.