Header Ads

Uni Eropa Tawarkan Kerja Sama Ke Pemerintah Aceh

acehbaru.com | Banda Aceh— Kedatangan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia ke Aceh untuk menawarkan lanjutan kerja sama kepada Pemerintah Aceh untuk sektor pelestarian hutan, investasi, dan perdagangan.

Diberitakan Kompas.com, Vincent Guerend Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dalam kunjungannya ke Aceh, melihat langsung perkembangan Aceh, mulai dari pembangunan perekonomian hingga sistem pengelolaan perlindungan lingkungan.

Guerend mengatakan, Uni Eropa telah menjalin hubungan dengan Aceh sejak lama, dari pemberian dana rekonstruksi pasca-tsunami dan dukungan pada proses perdamaian Aceh, hingga bantuan untuk perlindungan dan pelestarian hutan Aceh.

“Uni Eropa tetap melanjutkan kerja sama dengan Aceh, khususnya dalam mendukung upaya mitigasi perubahan iklim dan pembangunan ekonomi secara berkesinambungan,” ujar Guerend seusai pertemuan dengan Gubernur Aceh di Pendapa Gubernur Aceh, Rabu (30/3/2016).

Guerend menambahkan, terkait persoalan lingkungan, Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki cakupan hutan luas dan terbesar. Menurut dia, pemberian bantuan untuk Aceh dinilai sangat tepat guna melanjutkan upaya melestarikan hutan.

“Melihat perubahan iklim yang begitu ekstrem saat ini, sebaiknya masyarakat juga harus berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran Uni Eropa yang selama ini mendukung perkembangan pembangunan Aceh, terutama perdamaian di Aceh. (i/ Kompas.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.