Header Ads

Pindah Daya Gratis PLN Program Akal-akalan

acehbaru.com |  Jakarta - PT PLN sedang menjalankan program tambah daya gratis bagi masyarakat yang ingin meningkatkan daya listriknya dari 900 VA ke 1.300 VA. Direktur Energy Watch Indonesia Ferdinand Hutahean mengatakan masyarakat perlu berhati-hati terhadap program tersebut.

Pasalnya, dengan pindah ke 1.300 VA, masyarakat tidak akan lagi menikmati subsidi listrik. PLN sebelumnya sudah menyatakan akan mencabut subsidinya bagi listrik dengan daya di atas 1.300 VA.

"Kami sangat menyayangkan sebetulnya program ini dikemas seperti sekarang. Mengapa pemerintah tidak langsung saja memutuskan penghapusan subsidi listrik? Kenapa harus pakai cara akal-akalan seperti ini?" katanya melalui siaran pers yang diterima Tempo di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2016.

Menurut dia, seharusnya pemerintah membuat program yang lebih jelas soal penghapusan subsidi ini agar tidak salah sasaran. "PLN bisa meneliti di setiap rumah, apakah pemohon layak mendapat subsidi atau tidak, misalnya," katanya.

Ia menambahkan, PLN perlu menjelaskan kepada publik terkait dengan dana UJL yang disetorkan masyarakat dengan kWh yang telah berganti dari analog ke kWh pintar yang menggunakan pulsa. "Mestinya UJL itu kan tidak berlaku lagi. Nah dananya dikemanakan itu? Hal ini perlu dijelaskan ke publik yang dulu membayar UJL saat pasang baru," ujarnya. |Tempo|

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.