Header Ads

Kelompok Binaan Kodim Aceh Utara Panen Lele Perdana

acehbaru.com | Aceh Utara – Kelompok Tani Usaha Muda, Binaan Kodim 0103 Aceh Utara, panen perdana ikan lele jenis sangkuriang  di Desa, Tambon, Tunong, Kecamatan Dewantara Kabupaten Ac eh Utara, Sabtu (5/3).

Sebanyak 30 ribu bibit ikan lele jenis sangkuriang yang di tabur pada awal tahun 2016, merupakan program dari Kodim 0103 Aceh Utara.

Program tersebut untuk meningkatkan pendapatan ekonomi warga di wilayah territorial Kodim.

“ Panen perdana ini merupakan Kegiatan Pemisahan (Sortir) ikan yang sudah siap jual dengan ikan yang  masih belum siap untuk dijual. Hal ini dilakukan mengingat pertumbuhan ikan lele dikalom yang sama, namun Pertumbuhan ikan dikolam tersebut tidaklah sama.

Sehingga setiap petani ikan lele harus melakukan pemisahan agar pertumbuhan ikan masih kecil dapat lebih maksimal,” ungkap Komandan Kodim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, dilapangan kemarin.

“ Mudah mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa bermamfaat bagi masyarakat dan menjadi contoh untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat yang ada di wilayah Binaan Kodim 0103 Aceh Utara khususnya dan penduduk Indonesia pada umumnya,” jelas Dandim E.O Wahyu Cahyono.

Sementara,  ketua kelompok tani Usaha Muda Samsul (37) sangat berterimakasih kepada pihak TNI – AD khususnya Kodim 0103 Aceh Utara. Dengan adanya program tersebut pihaknya sangat merasa terbantu khususnya dalam mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Untuk harga jual ikan lele tersebut di pasaran mencapai Rp 17 ribu per Kg. Namun pihaknya akan menjadikan kualitas lele agar bisa menjadi kualitas ekspor. Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi perekonomian para masyarakat  tani di wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. (Fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.