Header Ads

Indonesia tunjuk perempuan sebagai konsul RI di Palestina

acehbaru.com - Indonesia akhirnya mememenuhi janji menunjuk konsul kehormatan di Kota Ramallah, Tepi Barat, Palestina. Setelah 70 tahun Indonesia merdeka, enam presiden berganti, baru pada 2016 akhirnya pemerintah RI memiliki perwakilan konsuler di Palestina. Selama ini, urusan Indonesia-Palestina ditangani oleh Kedutaan di Ibu Kota Amman, Yordania atau KBRI Ibu Kota Kairo, Mesir.

Presiden Joko Widodo mengumumkan penunjukkan konsul kehormatan itu dalam pidato pembukaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jakarta, Senin 7 maret 2016. Sosok yang dipilih adalah perempuan.

Presiden mengatakan, penunjukkan konsul di Ramallah adalah bukti Indonesia selalu berada di garis terdepan dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina.

"Perkenankan saya menyampaikan bahwa Indonesia telah menunjuk Nyonya Maha Abou Susheh selaku Konsul Kehormatan Republik Indonesia untuk Palestina, serta dalam waktu dekat akan meresmikan kantor Konsulat Kehormatan RI di Ramallah, Palestina," kata presiden.

Maha Abou Susheh merupakan tokoh masyarkat di Ramallah, laporan sementara menyatakan perempuan itu seorang pengusaha. Belum ada informasi lanjutan mengenai detail identitas Susheh.

Kementerian Luar Negeri telah mengirim simbol-simbol negara untuk persiapan pembukaan kantor konsul kehormatan. Menlu Retno L.P Marsudi mengatakan upaya ini dibantu oleh Pemerintah Yordania. Kemungkinan pada 18 Maret, proses pembukaan bisa berjalan.

"Jadi saya akan ke Ibu Kota Amman dulu sebelum ke Ramallah. Ya mungkin dalam waktu semingu dua minggu ke depan setelah KTT Luar Biasa OKI," kata Menlu sebelumnya.

Selama ini, Indonesia tak bisa membuka kedutaan atau lembaga diplomatik setingkat di bawahnya,karena intervensi Israel. Negeri Zionis itu menguasai nyaris seluruh wilayah darat Palestina. Utusan Indonesia yang hendak mengurus tetek bengek administrasi kedutaan terpaksa berurusan dengan Israel. Sekarang hambatan ini telah dituntaskan. (merdeka.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.