Header Ads

Enam Anak Pengungsi Rohingya Sekolah SD di Langsa

acehbaru.com | Langsa-  Enam anak pengungsi Rohingya masuk sekolah dasar di Langsa. Rabu 30 Maret 2016

Enam  orang anak- anak yang diterima di SDN 13 Gp. Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat adalah pengungsi Rohingya yang sudah  10 bulan lamanya berada di Barak pengungsian Dinsos Gp. Lhok Banie.

Wasatgas Penanggulangan Pengungsi Rohingya,  Suriatno mengatakan ke enam anak Rohingya tersebut tidak menguasai bahasa Indonesia, namun hal ini tidak menjadi kendala bagi mereka karena masih ada diantara relawan yang sudi membantu guru- guru di sekolah dimaksud.

Ditempat terpisah, hal senada juga diungkapkan Nasruddin Ketua LSM Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Kota Langsa. Pihaknya mengatakan, upaya awal yang dilakukan oleh guru- guru yang dibantu para Relawan adalah kehidupan bersosialisasi dengan lingkungan selaku pendatang baru dengan teman- teman yang baru pula di Sekolah tersebut.

Yang penting proses pembauran dengan murid- murid lainnya akan mudah terbangun. “Jelas Nasruddin. Dikatakannya selain Pemerintah Daerah, untuk sementara waktu segala persyaratan kebutuhan Sekolah ditanggulangi oleh NGO Save The Children dan Relawan FPRM.

Seperti halnya dengan seragam khas Indonesia merah putih, tas dan buku- buku beserta transportasi. Ini menjadi bagian yang mungkin tanggungjawab Pemerintah Daerah, “Kata Nasruddin. Selanjutnya Wasatgas Penaggulangan Pengungsi Rohingya Suriatno menjelaskan, keenam bocah Rohingya tersebut ada masuk di kelas I dan ada yang langsung duduk di kelas II.

Untuk sementara waktu mereka diwajibkan Sekolah 3 hari dalam seminggu, selebihnya waktu mereka akan digunakan untuk Pendidikan khusus di Camp Pengungsian.

Daftar nama- nama keenam bocah tersebut:

  1. Yasurahman (7)

  2. Somirkhan (8)

  3. Yasir Arafat (10)

  4. Sadeka (8)

  5. Samah Bibi (7)

  6. Julekha (10)


Yasurahman, Somirkhan, Sadeka dan Samah Bibi masuk di Kelas I, sementara Julekha, dan Yasir Arafat masuk di Kelas III sesuai usia mereka,“Papar Suriatno. (i/jim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.