Header Ads

Rehab Waduk Ulee Gajah, Aceh Timur Sediakan Dana Rp. 5 Milyar

acehbaru.com | Aceh Timur– Tahun depan Aceh Timur dengan dana Rp. 5 milyar akan merehab waduk Paya Pue di Ulee Gajah, Kecamatan Darul Falah, Kabupaten Aceh Timur. Dengan berfungsinya waduk ini diharapkan dapat menjaga stabilitas air 2.000 hektar di area sawah tadah hujan .


“Rencana kita akan alokasikan Rp5 miliar dari dana Otsus Tahun 2017 untuk merehab Waduk Paya Pue di Ulee Gajah. Jika waduk itu berfungsi, maka ratusan petani sawah sangat terbantu,” kata Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky, Kamis 4 Februari 2016


Dijelaskan, waduk tersebut telah lama terbengkalai dan tidak terawat. Bahkan, ilalang yang tumbuh telah menjadikan waduk tersebut sulit menampung air. Padahal, jika waduk disana berfungsi maksimal, maka petani sawah di Kecamatan Nurussalam dan Kecamatan Darul Falah, sangat mencukupi kebutuhan air disaat musim turun sawah.


Rocky mengatakan, program tersebut harus terwujud untuk membantu petani sawah. Tak hanya Waduk Paya Pue, tetapi pihaknya berencana akan merehab beberapa waduk lain di Aceh Timur yang selama tidak memiliki irigasi seperti Waduk Idi Cut.


“Namun dalam pembangunan dari berbagai sektor kita butuh waktu, apalagi anggaran yan tersedia juga terbatas, sehingga pembangunan harus kita gilir,” ujar Rocky. (mil)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.