Header Ads

PENERIMAAN SANTRIWAN/SANTRIWATI BARU PESANTREN TERPADU NURUL ULUM TA 2016/2017

SEKILAS TENTANG PONDOK PASANTREN
Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum merupakan lembaga pendidikan islam yang diselenggarakan secara terpadu oleh Yayasan Dayah Nurul Hilal dengan perpaduan kurikulum secara integral antara pendidikan formal dengan pendidikan konvensional yang secara umum berfungsi sebagai lembaga pendidikan agama dan pendidikan umum yang selalu terbuka melakukan inovasi diera globalisasi dan informasi dewasa ini.

Tujuan pokok pendiriannya dirancang untuk pembentukan kader-kader yang bertaqwa, berakhlaqul karimah, berpengetahuan luas, berdasarkan tuntutan zaman, berketerampilan dan berkhidmat pada agama, masyarakat dan bangsa.

LEGALITAS
Badan Hukum Penyelenggara       : Yayasan Dayah Nurul Hilal
Izin Operasional                           : Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama
Kab. Aceh Timur Nomor 3976 Tahun 2015.
Nomor Statistik Pondok Pesantren: 510011030138

  • VISI
    Mewujudkan santri yang berkualitas & berakhlak mulia menuju ketaqwaan kepada Allah SWT”.

  • MISI
     Menyelenggarakan pendidikan formal dengan perpaduan kurikulum pesantren dan pendidikan nasional dalam rangka menghilangkan kesan dikotomis antara ilmu pengetahuan umum dan agama;
     Mendidik dan mempersiapkan santri untuk menjadi manusia mandiri dan berkhidmad kepada masyarakat, agama, nusa dan bangsa dengan penguasaan iptek, memiliki daya juang yang tinggi, mampu berkreasi secara inovatif, aktif dan dinamis berlandaskan iman dan taqwa;
     Menciptakan kader ummat yang mampu mentransformasikan ilmu agama dalam berbagai kondisi dengan pembekalan kecintaan terhadap Alqur’an dan hadits Nabi serta menanamkan manhaj dan akidah ahlussunnah waljama’ah diatas pemahaman salaful ummah;
     Meningkatkan kemampuan profesional dan pengetahuan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dalam rangka pencapaian kualitas pemahaman hidup yang lebik baik bagi peserta didik sesuai tuntutan dinamikan global; dan
     Membangun pola hubungan yang harmonis dan sinergis dengan para wali santri, kelembagaan, pemerintah dan pihak swasta dalam rangka peningkatan kualitas layanan pendidikan.


A. PROSES PENDAFTARAN



























Tanggal 01 s/d  10 Mei 2016Pendaftaran/Penerimaan Santri Baru
Tanggal 11 s/d 15 Mei 2016Daftar Ulang
Tanggal 15 Juli 2016Masuk Asrama Untuk Santri  Lama
Tanggal 18 Juli 2016Masuk Asrama Untuk Santri Baru
Tanggal 19 s/d 22 Juli  2016Ta’aruf untuk Santri Baru
Tanggal 19 Juli 2016Hari pertama belajar Santri Lama

B. TEMPAT PENDAFTARAN
1. Kantor Pusat Sekretariat Yayasan Dayah Nurul Hilal - Pesantren Terpadu Nurul Ulum Peureulak
2. Sekretariat Peunaron; Jln. Peureulak-Lokop (Sp. 3 DK III) Depan Kantor KUA Dusun Pajak Desa Arul Pinang, Kec. Peunaron (Rumah Bapak Camat Peunaron)
3. Sekretariat Bener Meriah; Jalan Kesehatan, Kampong Mutiara, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah. (Kantor Reuje, Kampong Mutiara)
4. Sekretariat Takengon; Jl. Sengeda Simpang RSUD Datu Beru Kebayakan, Aceh Tengah (Toko Maktabah El-Hikmah).

Contact Person
Kantor Pusat:
1. 081362713700 (Muslim. MA)
2. 081360666707 (H. T. Fahrizal)

Kantor Sekretariat
Sekretariat BENER MERIAH :
1.Mirda : 085373202115
2.Al-Fajri : 085276912545

Sekretariat TAKENGON
1.Fitra Zuliska : 085270944754

Sekretariat PEUNARON
1.Ery Suheri, S.Sy : 085375222516

C. PERSYARATAN PENDAFTARAN
 Pendaftaran dibuka untuk siswa/siswi tamatan MI/SD & Tamatan MTs/SMP;
 Mendaftar dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia;
 Melunasi biaya pendaftaran
 Pendaftaran dilakukan oleh wali & harus diikutsertakan calon santri;
 Pas photo hitam putih 3x4 = 6 lembar;
 Pas photo hitam putih 2x3 = 6 lembar;
 Photocpy Akta Kelahiran 1 lembar;
 Photocopy Kartu Keluarga 1 lembar;
 Photocopy KTP orang tua masing-masing 1 lembar;
 Mengikuti test
C. MATERI TEST
 Test Baca Alqur’an
 Wawancara

Note: Tes baca al-qur’an dan wawancara serta pengumuman hasilnya dilaksanakan pada saat pendaftaran.

D. KEUANGAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017
1. Biaya Pendaftaran Rp. 150.000
2. Biaya Asrama Selama Pemondokan Rp. 1.500.000,-
3. Biaya Sewa Ranjang Selama Pemondokan Rp. 500.000,
4. Iuran Bulanan Rp. 600.000,
Rp. 2.750.000

E. JENJANG PENDIDIKAN
Hingga saat ini ada 3 (tiga) satuan pendidikan formal yang diselenggarakan terdiri dari:
a. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Ulum, dengan Akreditasi B;
b. Madrasah Aliyah (MA) Nurul Ulum, dengan Akreditasi B; dan
c. Sekolah Menengah Atas (SMA)-Plus Nurul Ulum, dengan Akreditasi B.

PROGRAM PENDIDIKAN
A. Program Pesantren 6 (Enam) Tahun;
Program ini diperuntukkan bagi siswa lulusan SD/MI dengan masa pendidikan selama enam tahun, yakni ditempuh selama 3 tahun ditingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 3 tahun pada tingkat Madrasah Aliyah (MA) dan/atau SMA-Plus.

B. Program Pesantren 3 (Tiga) Tahun
Program ini diperuntukkan bagi santri lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiah (MTs) yang berasal dari satuan pendidikan lain yang mendaftar sebagai Calon Santri Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum pada setiap tahun ajaran baru. Santri pada jenjang ini akan menempuh pendidikan selama tiga tahun. Untuk dapat menempuh pendidikan diprogram ini , setiap calon santri diwajibkan mengikuti dan dinyatakan lulus dari seluruh tahapan tes akademik sesuai mekanisme yang berlaku di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum.

KURIKULUM
Untuk menunjang satuan pendidikan dilingkungannya, Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum memadukan 2 (dua) kurikulum pendidikan berupa kurikulum pendidikan formal dan konvensional. Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia. Sedangkan kurikulum pesantren dilaksanakan berdasarkan silabus yang dikeluarkan oleh Badan Dayah Provinsi Aceh.

Kurikulum di pondok pesantren terpadu Nurul Ulum tidak hanya berupa mata pelajaran yang diajarkan di kelas, tetapi mencakup aktivitas santri secara komprehensif, baik ketika di kelas, asrama, mushalla, lapangan olahraga dan sebagainya. Oleh karena itu, seluruh aktivitas yang diikuti, dilihat, dan didengar oleh santri semuanya dimaksudkan untuk pendidikan dengan output terakhir dapat mengantarkan pondok pesantren untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Program Unggulan
Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum mempersiapkan para santri untuk dapat bersaing secara global sesuai kondisi aktual dan melanjutkan studi kejenjang perguruan tinggi ternama baik dalam maupun keluar negeri. Adapun beberapa program unggulan yang dilaksanakan diantaranya;
a. Tarbiyah Islamiyah (Belajar Kitab Kuning/Kitab Salafi);
b. Program khusus bahasa Arab dan Bahasa Inggris;
c. Program Tahfizul Alqur’an;
d. Program Tilawatil Qur’an;
e. Program Kaligrafi;
f. Program khusus bahasa Jepang; dan
g. Program khusus jurnalistik

G . Kegiatan Ekstra Kurikuler
 Belajar Qari
 Belajar Dahlail Khairat
 Muhadharah/Latihan Da’i
 Belajar Khat
 Life Skill
 Olah Raga
 Pidato dalam 4 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Jepang )

LAYANAN PENGASUHAN/PEMBINAAN

Pola pembinaan yang digunakan dalam proses pendidikan dan pembelajaran di lingkungan Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ulum terbagi menjadi dua macam berupa pembinaan yang dilakukan kepada para santri pada saat jam belajar formal di dalam kelas dan pembinaan di luar jam belajar formal. Dimana, pola pembinaan tersebut seluruhnya berorientasi kepada kepentingan peserta didik (student centered).

Pembinaan santri selama proses bembelajaran formal di kelas ditangani bagian pengajaran, para kepala satuan pendidikan, dan seluruh staf pengajar. Pembinaan lebih mengutamakan pencegahan agar peserta didik tidak melakukan berbagai palanggaran, daripada perbaikan setelah terjadinya pelanggaran yang mereka lakukan. Pola pembinaan ini menuntut Kepala Madrasah/Sekolah dan para guru untuk pro-aktif terhadap peserta didik agar pembinaan dapat mencapai hasil maksimal.

Adapun pembinaan santri di luar jam belajar formal berada di bawah tanggung jawab pengasuh dan/atau pembina santri yang tinggal di asrama pesantren. Pembinaan ini waktunya lebih panjang, dan mekanismenya lebih rumit karena mencakup seluruh kehidupan santri, mulai dari keluar sekolah/madrasah sampai masuk kelas pagi hari berikutnya.

Dalam menegakan disiplin santri, para pengasuh/pembina lebih menekankan pada kesadaran akan pentingnya hidup berdisiplin dan tindakan-tindakan pencegahan dan menghilangkan sanksi fisik, dengan demikian diharapkan seluruh santri menyadari betul akan penting hidup dengan disiplin, kesadaran yang terlahir benar-benar dari hati nurani seluruh santri dan bukan karena unsur keterpaksaan didalamnya.(*)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.