Header Ads

Langkahan Kecamatan Terparah Terendam Banjir

acehbaru.com | Aceh Utara- Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, yang berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Timur, terparah dilanda banjir awal tahun 2016, pada Senin,8 Februari 2016. Ketinggian air mencapai 1,5 meter lebih, yang sudah merendam ribuan rumah warga setempat.

Berdasarkan data yang dihimpun Kodim 0103 Aceh Utara, jumlah korban banjir di Gampong Buket Linteung, Kecamatan Langkahan, mencapai 515 kepala keluarga atau 2014 jiwa. Masing-masing dari Dusun Leubok Mungku, Dusun Karieng, Dusun Pateng dan Dusun Teungoh.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, kepada wartawan, mengatakan, banjir ini disebabkan hujan yang mengguyur kawasan Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh utara. “Hujan yang terus menerus mengakibatkan meluapnya sungai Arakundo, hingga terendam pemukiman warga yang ada di Kecamatan Langkahan,”ucap Dandim 0103/Aceh Utara ini.

Kata dia, begitu mendapatkan kabar banjir melanda Langkahan, dirinya bersama tim langsung turun kelokasi untuk meninjau banjir dan menyerahkan bantuan masa panik. Sementara warga yang terpaksa mengungsi, ke dekat Puskesdes Dusun Teungoh Gampong Buket Linteung Kecamatan Langkahan. Yakni, Dusun Teungoh 188 kk atau 632 jiwa, yang sudah mengungsi 23 kk atau 97 jiwa.

Sementara yang mengungsi ke dekat SMP 3 Langkahan, yakni, warga Dusun Lubok Mungku 162 kk atau 670 jiwa dan yang sudah mengungsi 5 kk / 20 jiwa. Sedangkan, warga yang mengungsi ke Perbukitan dekat Dusun Panteng, yaitu, Dusun Pateng 71 kk atau 228 jiwa, yang sudah mengungsi 71 kk atau 228 jiwa, Dusun Karieng 97 kk / 489 jiwa dan yang sudah mengungsi 9 kk atau 36 jiwa.

Kemudian, ratusan warga Gampong Leubok Pusaka, dari dusun Bidari dan dusun Tanah Merah, sebagian mengungsi ke SD7 Leubok Pusaka. Selain Langkahan, banjir juga melanda Kecamatan Lhoksukon, Matang Kuli, Tanah Luas dan Pirak Timu. (mrz)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.