Header Ads

51 Orang 'Macicah' di Kerawang Menderita HIV/AIDS

acehbaru.com - Sedikitnya 51 orang gay (Macicah-sebutan lokal Aceh) ditemukan menderita HIV/AIDS. Komisi Penangulangan AIDS Indonesia Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menduga  HIV/AIDS yang mendera gay tersebut karena seks menyimpang.

Salah seorang Staf Komisi Penangulangan AIDS Indonesia (KPAI) setempat Yana Haryana, di Karawang, Jumat 19 februari 2016, mengatakan, sesuai dengan data yang diperoleh, terdapat 872 orang berprilaku seks menyimpang dari kalangan pria di daerah tersebut.

Dari total 872 orang berprilaku seks menyimpang dari kalangan pria atau laki-laki sesama jenis itu, sebanyak 51 di antaranya positif menderita HIV/AIDS. "Mereka laki-laki yang suka sesama jenis ini umurnya bervariasi, dari 20-40 tahun, namun yang paling banyak justru pada usia produktif yaitu dibawah 30 tahun," katanya.

Rata-rata para penyuka sesama jenis ini, kata dia, kebanyakan disebabkan trauma dan pengalaman masa lalu. Pada awalnya mereka adalah korban, dan lama-kelamaan mereka menjadi pelaku.

"Setelah ketagihan, mereka justru akan mencari korban-korban baru. Kemudian, korban-korban ini juga nantinya bisa menjadi pelaku. Siklus seperti itu tidak akan berhenti," kata Yana.

Menurut dia, jaringan gay yang ada di Karawang cukup tertata rapih. Bahkan ada 42 tempat "nongkrong" mereka di Karawang. Mereka saling berkomunikasi melalui berbagai media sosial.

Ditanya tentang komunitas lesbi atau perempuan yang suka sesama jenis, komunitas itu cenderung tertutup dibandingkan dengan komunitas gay. Sehingga pihaknya belum mengetahui banyak terkait dengan komunitas lesbi di Karawang (i/republika.co.id)

Arti kata : Gay dalam bahasa kiasan Aceh sering disebut Macicah 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.