Header Ads

Pengungsi Rohingya Akan Tempati Hunian Sementara

acehbaru.com | Langsa - 71 Jiwa pengungsi Rohingya yang srlama ini menempati tempat sementara di Kota Langsa, awal februari 2016 ini akan dipindahkan ke Huntara (Hunian sementara). Jumat, 22 jan 2016

"Awal februari ini pengungsi rohingya akan menempati huntara di Desa Timbang Langsa," ucap Suriyatno, wakil Satgas penanganan pengungsi rohingya Kota Langsa.

Suriyatno mengatakan Huntara pengungsi yang dibangun oleh sejumlah NGO tersebut saat ini pengerjaannya sudah selesai 70 persen.

Fasilitas Huntara yang sengaja dibangun untuk para pengungsi Rohingya adalah rumah tempat tinggal, toilet, klinik kesehatan, meunasah tempat sholat, gedung pertemuan dan areal publik.

Meunasah dibangun dua unit yaitu meunasah untuk perempuan dan meunasah untuk laki- laki. Semua bangunan tersebut akan dilengkapi dengan jaringan listrik dan air bersih yang cukup. Diharapkan para pengungsi lintas negara yang tinggal di huntara tersebut merasa nyaman dengan fasilitas yang ada.

Huntara pengungsi lintas negara ini dibangun diatas lahan seluas sedikitnya 8 hektar.Terletak berdampingan dengan pemukiman warga Desa Timbang Langsa dan sekitar 3 kilo meter dari pusat kota Langsa.

Jumlah pengungsi Rohingya yang saat ini berada di kota langsa, 71 jiwa dari sebelumnya berjumlah seribuan jiwa.

Sebagian telah dipulangkan ke negera asal mereka khususnya pengungsi asal Bangladesh.Sedangkan sebagian lainnya melarikan diri dari penampungan pengungsi.

Mereka menempati penampungan pengungsi di pelabuhan Kuala Langsa dan di penampungan Desa Lhok Banie, Kota Langsa. (irv).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.