Header Ads

Pandai kelola uang hindari rusak hubungan keluarga

acehbaru.com- Lihai dalam mengelola keuangan sejak dini  atau pasangan yang baru saja menikah tentunya akan berdampak pada kelanggengan dalam berkeluarga. Gambar Calculator dan Saringan ber-intisarikan, pengeluaran keuangan harus dengan pemikiran yang matang, saringan adalah untuk menahan laju derasnya pengeluaran uang.

Tapi jangan pula karena saringan yang anda pakai dengan pori sangat kecil sehingga sangat menyulitkan seumpama uang seperti air akan jatuh kebawahnya. Kesulitan ini juga akan berdampak buruk pada anda, karena anda bakal menghadapi tekanan bathin yang cukup mendasar, karena bila ada keinginan atau kebutuhan, semisal pingin mencicipi makanan tertentu, namun karena saringan yang terlalu halus hingga anda membatalkannya untuk membelinya. Ini sangat berbahaya, salah-salah anda akan terserang penyakit jantung.

Selain itu juga Tabloid bintang.com merilis sejumlah tips pengelolaan keuangan yang mungkin bermamfaat bagi anda. Perencanaan keuangan yang kurang baik dapat menjadi awal berbagai masalah, seperti pertengkaran dan keretakan keharmonisan hubungan. Makanya, pengelolaan keuangan yang bijak menjadi hal yang penting diterapkan.

Pertama, menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan dan saling terbuka soal kondisi keuangan, baik pendapatan maupun pengeluaran. Komunikasi yang baik menjadi cara pasangan mendiskusikan berbagai hal seputar keuangan, termasuk hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengambil keputusan.

Kedua, cara bijak yang dapat dilakukan adalah menabung bersama. Ini dapat dijalankan dengan membuka tabungan atau akun bersama sehingga setiap bulan pendapatan yang diperoleh dapat disisihkan untuk disimpan dalam tabungan yang sudah disiapkan. Sewaktu-waktu diperlukan, tabungan ini dapat bermanfaat dan digunakan untuk berbagai transaksi serta pembayaran penting. Ini juga menjadi langkah  awal untuk menyiapkan dana cadangan sewaktu-waktu menghadapi kondisi darurat.

Ketiga, mengetahui kebutuhan pengeluaran pasangan sehari-hari. Dengan ini, pasangan muda yang ingin menyiapkan strategi finansial dapat mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Itu turut memudahkan pasangan saat membuat laporan keuangan untuk memantau kondisi finansial secara berkala.

Terakhir, membangun strategi keuangan yang baik untuk mengatasi pengeluaran berlebih. Setiap pasangan muda tentu ingin memiliki kesempatan memanfaatkan pengeluaran membeli berbagai kebutuhan primer maupun keperluan yang bersifat sekunder dan tersier. Namun tak boleh lupa dengan pengeluaran wajib berkala, seperti air, listrik, maupun angsuran-angsuran yang masih harus dibayar secara berkala setiap bulan.

Dengan strategi yang cermat, pasangan mudah dapat mempermudah pengaturan keuangan dan menentukan besar biaya yang perlu disisihkan setiap bulan untuk hal-hal seperti ini. Termasuk mengetahui sistem pembayaran yang mudah untuk menekan biaya pengeluaran yang tidak diperlukan. Misalnya melakukan pembayaran listrik PLN, kartu kredit, telepon, tabungan, PDAM, asuransi hingga TV berlangganan melalui Pospay di PT Pos Indonesia, yang menyediakan berbagai layanan pembayaran tagihan.

Bagi pasangan muda, merencanakan keuangan sejak dini menjadi hal yang penting dilakukan, baik untuk masa sekarang maupun masa depan. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.