Header Ads

Kesigapan Warga, Selamatkan Rumah warga Leubu Mesjid dari Si Jago Merah

acehbaru.com | Bireuen - Rumah  Cut Syarwani ( 60 ) penduduk Desa Leubu Mesjid Kecamatan Makmur Bireuen hampir ludes dilalap sijago merah setelah sebuah panggung kayu ukuran 3 x 2 yang berada di belakang rumahnya  terbakar , namun berkat kesigapan warga membantu memadamkan api sehingga rumah dapat diselamatkan, Kamis malam 8 Januari 2016 sekira pukul 20.20 wib.

Menurut keterangan yang berhasil di himpun acehbaru.com di lokasi kejadian, asal  titik api dari sisa pembakaran tumpukan sampah yang dibakar anak perempuannya Nurafni (23) dibelakang rumah menjelang magrib dan setelah itu dia masuk ke rumah hendak shalat, namun  bara api yang bercampur ampas padi itu kemudian merambah sebuah panggung kayu yang berada disampingnya dan tepat jam 20.20 wib api mulai membakar panggung kayu tersebut.

Panggung kayu yang mulai di lalap sijago merah pertama dilihat oleh kerabatnya dan langsung berteriak minta bantuan warga sekitar, seketika itu juga warga sekitar dan orang yang berada di kedai berhamburan ketempat kejadian.
Sementara pemilik rumah tidak tahu karena mereka sedang berada di dalam rumah, namun dengan kesigapan warga disertai siraman air seadanya sambil menunggu tim pemadam , api yang sudah merembes ke dapur dapat dijinakkan.

Saiful Amri ( bruk ) yang duluan datang ke lokasi menjelaskan, api berhasil dipadam selama 20 menit oleh warga setelah itu baru 6 unit mobil pemadam kebakaran ( damkar ) Pemda bireuen datang , kendati demikian petugas Damkar tetap menyiramkan air untuk memastikan api tidak  tersisa lagi.
" kalau 5 menit saja terlambat bantuan masyarakat , rumah tidak bisa diselamatkan". Ujar bruk

Akibat kejadian itu tidak ada korban jiwa dan menderita kerugian sekitar 2 juta rupiah.( sal )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.