Header Ads

HTI Belum Temukan Kejelasan Khilafah Diperjuangkan ISIS

acehbaru.com - Anggota Lajnah Tsaqofiah DPP Hizbut Tahrir Indonesia, M. Shiddiq Al-Jawi mengatakan HTI belum menemukan kejelasan Konsep Khilafah seperti konstitusi negara, pendidikan, dan sistem politik yang diperjuangkan ISIS. Minggu, 24 Jan 2016

Hal tersebut disampaikan M. Shiddiq Al-Jawi yang dilansir TEMPO.CO, yang berbicara setelah mengisi diskusi bertema “Islam tanpa Teror: Jalan Penegakan Syariah dan Khilafah” di Banjarmasin, Sabtu, 23 Januari 2016. BACA JUGA : HTI Punya Konsep Sama Dengan ISIS, Tapi Beda Cara Mewujudkannya

Menurutnya, HTI belum menemukan kejelasan konsep khilafah yang diperjuangkan ISIS. Konsep khilafah yang dia maksud semacam konstitusi negara, pendidikan, dan sistem politik yang gamblang. Adapun HTI, Al-Jawi mengklaim, mengantongi konsep khilafah secara detail, seperti dasar negara khilafah.

Selain itu, ia menjelaskan, “Dari segi jati diri, organisasi ISIS tidak terlalu jelas siapa yang mendanai. HTI bukan kelompok bersenjata, tapi jelas berdakwah. Jihad bukan untuk menegakkan khilafah, tapi untuk membela diri saat diserang.”

Pihaknya siap angkat senjata membela Tanah Air jika Indonesia diserang bangsa asing, meskipun Indonesia bukan negara khilafah.

Al-Jawi menuturkan jihad ala HTI dibuat untuk menyebarkan ajaran Islam melalui dakwah tanpa kekerasan. Itu sebabnya, DPP HTI mengecam keras aksi bom bunuh diri di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu yang mengatasnamakan Islam. Bom bunuh diri, menurut dia, tidak sesuai dengan ajaran Islam yang menganjurkan perdamaian.

Ia berharap peristiwa bom Thamrin tidak mengendurkan semangat dakwah HTI.

“Kalau (bom Thamrin) dikaitkan dengan ISIS, bisa, karena mereka punya cara kekerasan untuk menegakkan khilafah. HTI minta polisi mengungkap siapa dalangnya, agar tidak ada spekulasi,” tutur Al-Jawi. (i/Tempo.co)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.