Header Ads

Ford Chek Out dari Indonesia dan Jepang

acehbaru.com -- Kabar mengejutkan berhembus dari perusahaan otomotif asal Detroit, Ford motor. Ford memutuskan untuk hengkang dari pasar otomotif Indonesia dan juga Jepang. Keputusan ini diumumkan oleh presiden Ford Asia Pasifik Dave Schoch yang ditujukan kepada seluruh karyawan di dua negara tersebut.

Ford pertama kali masuk pasar Indonesia pada 2002. Ford memiliki 44 dealer waralaba di Indonesia. Tahun lalu, Ford berhasil menjual sekitar 6.000 unit kendaraan atau sekitar 0,6 persen dari total pasar mobil baru di negara yang sedang berjuang dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

"Di Indonesia, tanpa manufaktur lokal benar-benar tidak ada cara untuk bisa bersaing di pasar itu dan kami tidak memiliki mitra manufaktur lokal," ujar juru bicara Ford yang berbasis di Shanghai membenarkan isi email yang dikirim oleh Dave Schoch, dikutip dariReuters.

Perusahaan juga kesulitan menjual Fiesta, Mustang dan Explorers di pasar Jepang. Di Jepang, penjualan mobil di Jepang masih dikuasai oleh Toyota, Honda, Nissan dan beberapa merek lokal Jepang lainnya.

Selain itu, faktor usia mempengaruhi permintaan mobil di Jepang. Seperti diketahui, jumlah anak muda di Jepang berkurang dan generasi di Jepang menjadi semakin tua. Alhasil, permintaan mobil menjadi turun. Ford terkena imbas atas hal ini. (republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.