Header Ads

Petani Gagal Panen Dapat Kompensasi Pemerintah

acehbaru.com | Aceh Utara - Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara Mukhtaruddin, Rabu 2 Desember 2015 mengatakan, para petani di Aceh Utara akan mendapatkan kompensasi dari pemerintah senilai 6 juta-rupiah untuk setiap satu hektar areal tanaman padi yang gagal panen akibat serangan hama dan bencana alam. Asuransi bagi usaha tani tersebut adalah program pemerintah pusat yang dibantu Jasindo.

“Pemerintah memberikan perlindungan bagi petani untuk mengantisipasi gagal panen sehingga usaha tetap berlanjut, di mana pemerintah telah menganggarkan dana senilai 150 miliar-rupiah untuk menyukseskan program perlindungan bagi petani padi, Program ini juga untuk percepatan swasembada pangan sebanyak 73,4 juta ton padi,” katanya.

Dikatakan, seluas satu juta hektar lahan usaha tani padi ditargetkan masuk asuransi yang tersebar di 16 provinsi. Untuk Aceh, seluas 36 ribu hektar dan di Aceh Utara ditargetkan seluas 7 ribu hektare lebih pada musim tanam Oktober hingga Maret 2016. Khusus di Aceh, program tersebut berlangsung di lima kabupaten, yaitu Pidie, Aceh Besar, Bireuen, Aceh Utara dan Aceh Selatan.

Mukhtaruddin menambahkan, kompensasi akan diberikan kepada petani yang bergabung dalam Asuransi Usaha Tani Padi. Pihaknya juga menyambut positif program ini. Program ini menurutnya sangat baik, maka diharapkan petani kita dapat bergabung ke asuransi tersebut agar mendapatkan kompensasi senilai 6 juta untuk satu hektar sawah yang gagal panen akibat bencana alam maupun serangan hama. ()

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.