Header Ads

Lapangan Minyak Pidie dan Lepas Pantai Sabang Dilirik Para Toke

acehbaru.com | Banda Aceh - Kandungan sumber daya alam di kawasan Pidie dan Sabang menyita perhatian para dunia usaha sektor migas dari luar negeri. Tengku Samsur pengusaha Petolium yang selama berusaha di rusia dan Malaysia tertarik dengan dua lapangan migas tersebut. Minggu, 6 Des 2015

"Kita sedang melakukan survey kandungan di Sabang dan Pidie, jika bernilai ekonomis, kita akan berinvestasi," Katanya.

Katanya, bila ditemukan kandungan yang bernilai ekonomis maka tak heran bila terjadinya ekploitasi akan berdampak langsung pada kemajuan dan terciptanya lapangan kerja bagi warga setempat.

Sebagaimana diketahui setelah berpuluh tahun ekplorasi gas alam cair oleh Mobil Oil Indonesia yang kemudian berubah dengan nama Exxon Mobil di Aceh Utara, sejumlah potensi migas baru ditemukan di Aceh, seperti lapangan Blok A Aceh Timur yang dikuasai Conocophilip yang kemudian diambil oleh Medco EP Malaka, namun proses Ekplorasi Medco terkesan sangat lambat.

Disamping itu ada dua perusahaan minyak dan gas (Migas), ENI Indonesia Ltd dan Petronas yang sebelumnya melakukan pencarian migas di 200 mil lepas pantai Kreung Mane Aceh Utara, namun Mei 2015 menghentikan kegiatan eksplorasinya di Aceh, dan saat ini sedang dalam proses pengembalian blok kepada SKK Migas.

Sementara Petronas di Blok West Glagah Kambuna, perbatasan Aceh dan Sumatera Utara Mei 2015 masih terkendala izin.

General Manager dan Country Chairman Petronas Indonesia, Hazli Sham Kassim, menjelaskan, hingga Mei 2015 pihaknya belum melakukan banyak kegiatan untuk proses eksplorasi, karena terkendala masalah izin dan permit (aturan kerja) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Petronas sudah siap untuk melakukan uji seismik di Blok West Glagah Kambuna untuk tahapan eksplorasi. Namun izin yang diajukan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga kini belum keluar, padahal November 2005 kontrak Petronas di blok tersebut akan berakhir,” ungkap Hazli. (ira/bai)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.