Header Ads

Jet Su-34 Rusia di Suriah Dilengkapi Rudal Udara, AS Bereaksi

acehbaru.com | Washington - Pentagon Amerika Serikat (AS) bereaksi setelah Rusia meluncurkan serangan dengan pesawat jet pembom canggih Su-34 di Suriah. Pentagon memperingatkan Rusia, bahwa pesawat jet Su-34 yang dilengkapi rudal udara hanya memperumit situasi di wilayah udara Suriah.

Pesawat jet pembom Su-34 Rusia telah meluncurkan serangan perdananya di Suriah. Pesawat canggih itu meluncurkan serangan mendadak dengan rudal udara-ke-udara.

”Sistem seperti ini akan lebih mempersulit situasi yang sudah sulit di langit Suriah dan tidak melakukan apa-apa untuk lebih memerangi ISIS, karena mereka tidak memiliki angkatan udara,” bunyi pernyataan Pentagon, seperti dikutip Itar-Tass, Selasa (1/12/2015).

“Kami berharap bahwa jika Rusia melakukannya, mereka akan mematuhi Memorandum of Understanding kami mengenai keselamatan penerbangan dan tidak langsung menggunakan sistem itu terhadap pesawat koalisi,” lanjut Pentagon.

(Baca: Rusia Akhirnya Luncurkan Serangan Jet Canggih Su-34 di Suriah)

Pada hari Senin, juru bicara Angkatan Udara Rusia, Kolonel Igor Klimov, mengatakan bahwa pesawat jet pembom Su-34 (oleh NATO dinamakan Fullback) menjalankan misi tempur perdananya di Suriah. Dia membenarkan bahwa pesawat itu dilengkapi sistem rudal udara-ke-udara.

”Hari ini (kemarin), pesawat pembom Su-34 Rusia telah membuat serangan pertama yang tidak hanya dilengkapi dengan bom berdaya ledak tinggi dan bom berongga, tetapi juga dengan rudal jarak pendek dan jarak menengah yang menembakkan rudal udara-ke-udara,” kata Klimov.

”Pesawat-pesawat dilengkapi dengan rudal untuk tujuan defensif,” lanjut Klimov. “Rudal memiliki perangkat yang mampu mencari target dan mampu menghantam target udara dalam radius 60 km. (sindonews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.