Header Ads

Pertamina Bubarkan Anak Perusahaan, Petral Penentu Mahal dan Murahnya BBM?

acehbaru.com | Jakarta -PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dibubarkan pemerintah Mei 2015 lalu. Anak perusahaan Pertamina (Persero) itu meninggalkan kisah tak sedap. Olah mahal murahnya bbm ada ditangan mereka.

"Laporan auditor ada anomali pengadaan di Petral sehingga harga minyak menjadi lebih tinggi," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto di kantornya, Jakarta, sebagaimana di lansir detik.com, Senin 9 November 2015

Pasca pembubaran penyakit -penyakit Petral mulai muncul, berdasarkan audit forensik dilakukan selama 4 bulan, ditemukan 3  persoalan.

Pertama, ternyata pengadaan BBM atau impor lewat Petral lebih mahal harganya.

Kedua, auditor menemukan adanya kebocoran informasi rahasia dalam proses pengadaan minyak di Petral. Pihak auditor melakukan pelacakan terhadap proses komunikasi pada email, hingga percakapan yang berisi informasi tentang patokan harga dan volume BBM impor yang bocor.

"Ketiga, ada pihak eksternal yang pengaruhi pengembangan bisnis, mitra secara tidak langsung, dan negosiasi," ujarnya.

Cukup dahsyat memang skandal di Petral yang melibatkan uang impor BBM triliunan rupiah tiap tahunnya. Namun dalam audit tersebut, tidak disebutkan apakah ada oknum pemerintah atau orang lain yang menikmati untung dari bisnis impor BBM lewat Petral yang berkantor di Singapura. " Aneh, kenapa selama ini hal ini malah dibiarkan,"?

Ini Sejarah Petral (sumber Varia.co.id)

petral

 

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.