Header Ads

Operasi Hutan, Dua perambah Hutan Leuser Ditemukan

acehbaru.com – Lsm Forum Konservasi Leuser (FKL) bekerja sama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan wilayah III Langsa dan di back up anggota Polres Aceh Tamiang lakukan operasi perambahan hutan dalam kawasan Leuser di Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam operasi itu sebanyak dua perambah berasal dari Sumut ditemukan.

“Dua perambah hutan kita temukan, mereka merambah 100 hektar untuk dialihkan sawit,” Ujar Tezar Fahlevi aktivis Forum Konservasi Leuser, Senin, 30 Nov 2015
Tezar menambahkan, mereka merambah dengan cara mereka membeli perkapling dari oknum pejabat desa setempat, dan kemudian masuk dalam sebuah kelompok tani di kawasan itu. “padahal mereka warga luar”

Ditambahkannya usia lahan 100 hektar yang telah ditanami sawit umurnya, 40 hektar dikuasai oleh seorang WNI turunan asal Binjai Sumatera Utara Medan, sementara sisanya 60 hektar lagi dikuasai A juga warga Binjai Sumatera utara.

“Kita beeharap pihak Kepolisian dan KPH untuk secepatnya melanjutkan ke proses hukum, karena lokasi mereka sudah jelas dalam kawasan ekosistem Leuser,” Harap Tezar.

Selama beberpa tahun terakhir Forum Konservasi Leuser (FKL) bersama KPH III Langsa dan Dinas Kehutanan Aceh Tamiang dan Aceh selama ini giat melakukan konservasi hutan yang rusak di kawasan ekosistem Leuser terutama yang masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Lembaga tersebut mencatat dari Januari sampai Juni 2015, sedikitnya 600 hektar hutan dalam kawasan Leuser di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang telah berubah fungsi menjadi perkebunan. (lia)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.