Header Ads

Ini Uniknya Tes Pendamping Lokal Desa Cluster Langsa

acehbaru.com | Langsa – Tes para pendamping lokal di tiga wilayah Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang, Rabu, 4 November 2015 yang bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pasee Langsa agak sedikit berbeda dengan testing pada umumnya. Ada yang duluan di wawancara kemudian baru mengikuti tes tulis.

Faisal seorang peserta mengatakan ia sudah hadir ke lokasi test sejak pukul 08:Wib pagi, namun setelah menungu test tak kunjung diadakan. Akhirnya ia mendapatkan informasi dari panitia bahwa keterlambatan tersebut karena menunggu datangnya soal yang datang dari Jakarta Via Kualanamu Medan.

Uniknya, diwaktu senggang dari pukul 08 hingga pukul 16 :00 wib panitia melakukan tes wawancara untuk peserta di beberapa Kecamatan yang dianggap jauh dari perkotaan seperti kecamatn Serba Jadi untuk Aceh Timur, dan Trenggulon untuk Aceh Tamiang, dan beberapa Kecamatan lainnya.

“Ya biasanya kita ikut test kan tes tulis dulu, lewat tes tulis baru wawancara, tapi ini beda untuk beberapa kecamatan itu, mereka dalam waktu senggang itu di wawancara, terus sorenya mengikuti tes tulis,” Ujar Faisal

Faisal juga menambahkan, setelah itu, pada pukul 16:00 Wib baru semua masuk untuk test tulis, sementara bagi peserta yang belum sempat tes wawancara dari pagi tadi, atau yang tempat tinggal atau lokasi kecamatan dianggap berdekatan dengan Kota dilanjutkan, Kamis, 5 November 2015. Sementara untuk Aceh Tamiang ada yang dilanjutkan, Jumat, 6 November 2015.

Seorang peserta yang lain dari Aceh Tamiang mengambarkan suasana test memang biasa saja, namun katanya, kebanyakan terlihat adalah orang –orang  yang sudah pernah atau terlibat di PNPM.

Is seorang peserta calon pendamping lokal di Aceh Utara mengatakan disana berlaku test tulis dulu kemudian baru dilanjutkan dengan test wawancara. "Disini test tulis dulu, baru tes wawancara," Katanya.

Sebagaimana dalam Alur tahapan rekruitmen tenaga pendamping profesional
Dalam rangka pelaksanaan undang-undang Desa pihak yang menentukan lulus atau tidaknya seorang pendamping lokal Desa, pendamping desa dan tenaga ahli adalah
Satker Pusat P3MD,Satker P3MD Aceh, KN Transisi, Akademisi, BPM Kab/Kota, Pendamping Teknis Kabupaten, LSM Provinsi dan Kab/Kota.

Untuk Aceh pendamping lokal Aceh dibutuhkan 2.257 orang. Sementara yang bertarung merebut posisi itu seluruh Aceh adalah 10.288 orang  (ira)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.