Header Ads

Gerombolan Gajah Rusak Rumah Warga Aceh Timur

acehbaru.com | Aceh Timur– Gerombolan gajah Sumatera yang diperkirakan berjumlah 50 ekor merusak belasan rumah warga di Desa Seumanah Jaya Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Selasa, 10 November 2015

Marzuki (40) tahun warga dikawasan itu mengatakan eskalasi turunnya gajah liar ke pemukiman semakin tinggi, namun kali ini tergolong parah, selain merusak perkebunan kakao warga, gajah juga merusak perumahan warga.

“Belasan rumah dirusak gajah,” Katanya

Dia menambahkan kejadian tersebut terjadi pada malam hari, pertama terjadi pada malam Sabtu, kemudian berlanjut malam Minggu, dan terakhir malam Senin, 9 November 2015. Kawanan gajah mengobrak ngabrik kebun sekira pukul 22:00 Wib malam, setelah dari kebun mereka merusak rumah warga. Jadi ketika warga tahu ada kawanan gajah langsung melarikan diri ke daerah pemukiman yang jauh dari jangkaun gajah, atau yang selama ini dianggap aman.

Marzuki dan sejumlah warga lain menyebutkan semakin sering terjadi amukan gajah, bukan saja harta benda yang rusak, tetapi juga ketenangan masyarakat juga terganggu, dengan tidak aman berpengaruh pada aktifitas mencari nafkah warga di kawasan itu yang sumber pendapatan utamanya dari bertani kebun.

“Kita sedang mengupayakan penggiringan gajah tersebut, dan masa akan datang, untuk antisipasi kita sedang siapkan Conservasi Respon Unit (CRU) dikawasan itu,’ Ujar Genman Hasibuan Kepala BKSDA Aceh. (ira/ham)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.