Header Ads

Gatot Siapkan USD150 Ribu untuk OC Kaligis



acehbaru.com | Jakarta - Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengaku menyiapkan uang senilai USD150 ribu untuk pengacaranya OC Kaligis sebagai imbalan jasa pendampingan hukum bagi dirinya.

Gatot menyebut uang itu berbeda dengan Rp200 juta yang ia berikan kepada mantan Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella melalui karyawan di kantor pengacara OC Kaligis, Fransiska Insani Rahesti.

Hal itu diungkapkan Gatot saat menjadi saksi di persidangan untuk terdakwa Patrice Rio Capella. Majelis hakim yang diketuai Artha Theresia Silalahi menanyakan apakah uang itu juga untuk pengamanan perkara di Kejagung yang melibatkan Direktur Penyidikam Jampidsus Kejagung, Maruli Hutagalung.

"Ada pemberian ke Jaksa Maruli?" tanya Hakim Artha dalam sidang lanjutan Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsu (Tipikor), Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Gatot menjawab uang itu digunakannya untuk membiayai OC Kaligis atau lawyer fee dalam mendampinginya dalam perkara Bansos di Kejagung.

"Dalam konteks pendudukan perkara kami memberikan sejumlah uang ke OC Kaligis, USD150 ribu," jawab Gatot.

Gatot juga menjelaskan terkait perkara Bansos itu, pihaknya menjelaskan bila dirinya bukan mengamankan perkara namun untuk mendudukan perkara dimana dirinya telah dicantumkan sebagai tersangka oleh Kejagung padahal dirinya belum diperiksa sebagai saksi.

"Bukan urus perkara tapi mendudukan perkara karena sejak awal pemanggilan staf dan biro keungan masih dalam proses penyelidikan tapi sudah mencantumkan saya Gatot Pujo Nugroho gubernur Sumut sebagai tersangka korupsi. Saya belum pernah diperiksa," tutur Gatot. (okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.