Header Ads

Delegasi Aceh di SLIMS Community Meet Up 2015 Malang

acehbaru.com | Malang - Sebanyak empat orang perwakilan dari pustakawan dan penggiat SLiMS yang berasal dari Provinsi Aceh menjadi delegasi dalam SLIMS Community Meet Up 2015 di  yang berlangsung dari tanggal 7-8 November 2015.


Kegiatan SLIMS Community Meet Up 2015 yang dirangkai dengan seminar Nasional dan lokakarya dengan beragam topik menarik yang mengangkat tema ‘Inovasi dan Kreatifitas Pustakawan Melalui Free Open Source Software (FOSS), perwakilan Aceh diwakili oleh Dr.Taufiq A.Gani, S.Kom,M.Eng.Sc (Kepala Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh), Arkin, S.IP (prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry), Arif Hidayat, ST (Staf IT Unsyiah) serta Asnawi, S.IP (mahasiswa pascasarjana UIN Sunan Kalijaga).


Arkin, Salah seorang delegasi dari Aceh mengatakan dalam kegiatan yang mempertemukan 250 peserta dari berbagai latar belakang minat dan profesi tersebut salah seorang delegasi dari Aceh yaitu Dr.Taufiq A.Gani,M,Eng.Sc juga menjadi salah satu narasumber seminar Nasional pada SLiMS Commet 2015 Malang.


Ia menjelaskan SLiMS Commeet merupakan acara tahunan yang mempertemukan komunitas SLiMS daerah, Senayan Developer Community (SDC), pegiat perpustakaan dan open source untuk berbagi pengalaman danbest practices, serta berdiskusi mengenai pengembangan dan rencana kegiatan SLiMS dalam rangka pengembangan dunia perpustakaan.


“Kegiatan tahunan yang mempertemukan seluruh pustakawan dan pengiat slims di seluruh Indonesia  juga dilakukan launching SLIMS 8 Akasia pada acara SLIMS Commeet 2015 Malang”, kata Arkin yang saat ini tercatat sebagai staf prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry.


Lebih lanjut, pria yang saat ini menjadi salah satu konsultant informasi di Aceh Library Consultant (ALC) juga menjelaskan bahwa disamping seminar nasional dan lokakarya, SDC juga membuka empat kelas dengan topic bahasan SLiMS and latest e-DDC development Newest improvement SMS gateway and SLIMS, SLIMS Mobile Apps Development  dan juga tema SEO, Adsense, & Google Analytics with SLIMS .


“Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi Indonesia One yang dipandu langsung oleh penggagasnya, Ismail Fahmi Pengembang Ganesha Digital Library (GDL) dan juga peraih gelar PhD dari University of Groningen”, kata Arkin.


Indonesia One Search merupakan portal pencarian daring yang memungkinkan pengunjung untuk memperoleh informasi dari beragam sumber dan saat ini sedang dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Sebagaimana diketahui bahwa SLIMS kini secara teknis telah mendukung (compliant) dengan Indonesia One Search yang berbasis OAI.(rilis)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.