Header Ads

Baitul Mal Bireuen distribusi Zakat PNS

acehbaru.com | Bireuen – Baitul Mal Bireuen mulai distrubusikan zakar yang bersumber dari pendapatan PNS dalam kabupaten Bireuen. Penyaluran Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS), tahap II dengan total jumlah mencapai Rp 2.532,526,500. Kamis, 19 November 2015

Kepala Baitul Mal Kabupaten Bireuen, Tgk Murtadha Yusuf, mengatakan, Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang disalurkan saat ini di Kabupaten Bireuen, merupakan hasil yang terkumpul dari zakat gaji PNS, bagi PNS yang mencapai nisap diatas Rp 3,8 juta dikenakan zakat 2,5 persen dan bagi PNS yang bergaji dibawah Rp 3,8 juta dikenakan infaq 1 persen, selain itu Zakat di Kabupaten Bireuen juga datang dari pembayaran infaq oleh rekanan dan perusahaan swasta lainnya.

Hasil dari sejumlah yang diterima pihaknya, maka Pemerintahan Kabupaten Bireuen melalui Baitul Mal menggelar kegiatan penyaluran Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS), tahap II dengan total jumlah yang disalurkan mencapai Rp 2.532,526,500.

“Jumlah ini adalah dari hasil penerimaan ZIS sejak bulan Mei sampai Agustus 2015 yang disetor Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dari instansi, dinas, badan, kantor dan instansi lainnya dalam Kabupaten Bireuen,” ujar Tgk Murtadha Yusuf.

Penyaluran ZIS ini merupakan bagian dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Bireuen dalam menggalang potensi zakat melalui Baitul Mal untuk membantu para warga yang berhak menerimanya dalam mengatasi kesulitan ekonomi, tambahnya.

Di simpulkan, sebelumnya dana juga telah disalurkan pada bulan Mei 2015 berjumlah Rp.2.368.261.000,- sehingga jumlah keseluruhan dana ZIS yang telah diberikan kepada yang berhak menerimanya sebesar Rp. 4.900.787.500,- dari target penerimaan 7 Milyar pada tahun 2015, jelasnya.

Sekretaris Baitul Mal Bireuen Anwar S.Ag, kepada media menjelaskan, penyaluran Dana Zakat tahap II tahun 2015 sebesar Rp.2.532.526.500, dengan rincian yaitu, Bantuan zakat untuk 301 Fakir Uzur pada UPZ Kantor Kecamatan, untuk 149 Fakir yang mengajukan Permohonan Pada Baitul Mal, untuk 2.420 siswa Miskin SD dan untuk 1.600 siswa Miskin SMP.

Selain itu bantuan zakat juga diberikan untuk 1.815 siswa Miskin SMA/SMK, Bantuan zakat untuk 1.044 siswa Miskin Pada Kementrian Agama, Bantuan zakat untuk 171 orang Miskin yang mengajukan Permohonan Pada Baitul Mal, Bantuan zakat untuk 74 Orang Muallaf, Bantuan zakat untuk 1 Mahasiswa Miskin (hak ibnu sabil) kuliah diluar Negeri.

Anwar menambahkan, untuk penyaluran Infaq yang berjumlah 1.420.963.500 di salurkan kepada, pembangunan Rumah Dhuafa type 36 sebanyak 10 unit, Biaya Rehap Rumah Fakir Miskin sebanyak 16 unit, Biaya Sosialisasi ZIS, Bantuan Modal Usaha Produktif untuk 20 orang Fakir miskin, Bantuan Biaya untuk 3 orang Musafir, Santunan Anak Yatim, dan bantuan untuk sejumlah keperluan lainnya bagi yang berhak, ujarnya.
Penyaluran Zakat tersebut ikut di Hadiri Bupati Bireuen dengan di wakili Sekda Bireuen Ir Zulkifli Sp. “Dalam sambutannya Bupati Bireuen menjelaskan bahwa, Zakat dapat membantu menyelesaikan masaalah kemiskinan”.
Hadir juga pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRK Bireuen, Kepala Baitul Mal Bireuen, Unsur Forkopimda Bireuen, Kepala SKPK, Kabag Humas dan Protokoler Bireuen dan undangan lainnya. (i/str-tag)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.