Header Ads

Aceh Timur Gelar Diklat Formal Peradilan Adat Gampong

acehbaru.com | IDI – Kabupaten Aceh Timur gelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Formal Peradilan Adat Gampong dan Mukim yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Kab. Aceh Timur, Senin 9 November 2015

Asisten II Bidang Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Timur, Usman A.Rahcman,S.IP, SH membuka dalam sambutannya mengatakan, setiap pejabat dan aparat pemerintahan di Aceh harus memahami dan menghargai tatanan adat istiadat masyarakat setempat.
Oleh karenanya, pembinaan dan pengembangan serta pelestarian perlu dilaksanakan secara berkesinambungan dari generasi ke generasi, sehingga dapat memahami nilai-nilai adat dan budaya yang berkembang.

,”Hukum adat gampong sangat penting, karena dapat menyelesaikan berbagai perselisihan dan sengketa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” Katanya
Dia mengharapkan agar para keuchik (Kades--red) dan Tuha Peut Gampong (TPG) terus melestarikan hukum adat gampong, sehingga proses penyelesaian berbagai permasalahan tidak terhambat gara-gara belum tersusunnya hukum adat gampong di desanya masing-masing,” ujar Usman.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Badruddin dalam laporan sebelumnya menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 74 tokoh adat dari 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan Diklat akan diselenggarakan selama dua hari penuh dengan mendatangkan sejumlah tutor seperti dari MAA Provinsi Aceh, MAA Aceh Timur dan Polres Aceh Timur (lia)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.