Header Ads

Situasi Membaik, Tokoh Singkil Minta Warga Kembali

acehbaru.com - Masyarakat Aceh Singkil yang sudah kadung mengungsi saat insiden benyrokan di Desa Dangguran Simpang Kanan dan Desa Suka Makmur kecamatan Gunung Meriah diharap segera kembali, karena situasi mulai kondusif.

Serambinews.com menyebutkan salah satu tokoh masyarakat Aceh Singkil Putra Ariyanto, Rabu 14 Oktober 2015 mengatakan, warga yang mengungsi sebaiknya kembali. Aparat kemanan dimintanya memberikan jaminan kepada warga agar tidak merasa hawatir.

“Saudara kami yang mengungsi kembalilah ke Aceh Singkil. Kepada pemerintah kami mendesak selesaikan segera akar permasalahan konflik dan aparat kemanan berikan jaminan keamanan kepada warga,” kata Putra.

Menurutnya warga di kabupatenya sangat mencintai perdamaian. Terbukti telah bertahun tahun hidup rukun walau masyarakatnya multi etnis dan kepercayaan.

“Mari kita sama-sama membangun daerah. Kalau bukan warga Aceh Singkil, siapa lagi yang akan membangun. Masalah kemanan mari kita percayakan kepada aparat,” ujarnya.

Di sisi lain dia meminta pemerintah memastikan kondisi jumlah pengungsi dan di mana. Tidak asal sebut tanpa data akurat sehingga makin memperburuk kondisi daerah di mata pihak luar.

“Kami mempertanyakan mengenai jumlah pengungsi yang sangat banyak, sepertinya tidak sebanyak itu agar didata akurat dan pastikan kondusinya,” kata Putra.

Hal senada disampaikan Muhamad Ishak tokoh pemuda Aceh Singkil. Ia juga berharap warga yang terlanjur meninggalkan rumah segera kembali, untuk merajut tali persaudarahan yang telah lama terjalin baik.

“Kami berharap permasalahan ini cepat selesai. Kepada saudara kami yang terlanjur mengungsi, silakan kembali. Mari kita sama-sama kuatkan perdamaian yang selama ini sudah terjalin baik,” kata Ishak. (a/sumber serambinews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.