Header Ads

Puskesmas Langkahan Tak Terhiraukan

acehbaru.com | Aceh Utara - Kondisi Puskesmas yang seharusnya menjadi panutan masyarakat untuk hidup sehat malah tak bisa diandalkan. Hal ini terjadi di Puskesmas Kec. Langkahan, Aceh Utara. Kodisinya sangat memeperihatinkan. Pasalnya, sejumlah pemandangan kurang sedap terlihat di beberapa titik di Puskesmas tersebut.

Pantauan dilokasi, Rabu 14 Oktober 2015, plang nama Puskesmas itu terlihat hampir ditutupi ilalang dan genangan air persis didepannya itu nampak seperti kubangan, sementara gedung ruang rawat inap juga ikut terbengkalai.

Kepala Puskesmas Ibrahim saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, dirinya juga mengakui bahwa kondisi Puskesmas pimpinannya itu memperihatinkan, namun ia membantah bahwa Puskesmas itu tak terurus. “Kalau dibilang Puskesmas tak terurus tidak. Karena kalau masalah rumput, itu tiap bulan rutin kami potong, tapi tetap tumbuh lagi," kata Ibrahim.

Selain itu, ia juga mengakui bahwa jarak tempuh yang mencapai puluhan kilometer antara Puskesmas itu dengan sejumlah tempat tinggal tenaga medis juga menjadi faktor Puskesmas itu tampak seperti tak berpenghuni.

Sementara itu, tentang  gedung rawat inap yang terbengkalai, lanjut Ibrahim itu karena belum pernah diserahterimakan sejak selesai pembangunannya oleh instansi terkait. "Itu dibangun beberapa tahun terakhir, sebelum saya bertugas disini. Mungkin masanya dengan kepala lama," tandas Ibrahim.

Dikatakan, dokter yang tinggal di Puskesmas tersebut ada dua orang. Petugas selalu ada di Puskesmas setiap harinya, minimal dua orang. "Selama saya disini belum ada kejadian apa-apa yang aneh walaupun lokasi Puskesmas terletak ditengah kampung. Kendalanya yang umum-umum terjadi soal tenaga PNS, itu sudah biasa," paparnya.

Sementara Ketua LSM Acheh Future Razali Yusuf, meminta Pemkab Aceh Utara untuk segera mengevaluasi keberadaan Puskesmas tersebut dikarenakan Aceh Future sebelumnya juga sudah pernah mendapat laporan dari masyarakat terkait kondisi Puskesmas yang memperihatinkan

"Rumah sakit harus nyaman, kalau kondisinya seperti itu kan nampak kali tidak terurus,” ucapnya. ()

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.