Header Ads

Pemerintah Yakin Insiden di Singkil Bukan Soal Agama

acehbaru.com | Jakarta - Pemerintah saat ini sedang mendalami akar permasalahan insiden di Aceh Singkil pada 13 Oktober kemarin. Namun Menteri Agama Lukman Saifuddin mengatakan, hingga hari ini pemerintah berkeyakinan bukan agama penyebab utama kerusuhan.

“Persoalan Aceh tentu dalam kaitannya dengan yang dalam beberapa hari kemarin terjadi di Aceh Singkil itu tidak sepenuhnya adalah persoalan agama,” kata Lukman usai bertemu presiden di Istana Negara, Sabtu, 17 Oktober.

“Boleh jadi ada kepentingan-kepentingan lain yang kemudian ikut terlibat sebagai pemicu munculnya kasus di Singkil itu,” katanya lagi.

Pemerintah akan melihat permasalahan di Aceh Singkil secara menyeluruh dan komprehensif untuk mendapatkan potret yang utuh.

Lukman menambahkan bahwa lembaganya sudah mengirim staf dari departemen penelitian dan pengembangan serta bina masyarakat Kristen-Islam ke Aceh Singkil. Selain itu juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di Aceh Singkil terlibat untuk mendalami informasi yang ada.

Menurut Lukman, nilai kebhinnekaan telah mengakar dalam masyarakat, termasuk dalam kehidupan beragama. Hal inilah yang membuat pemerintah yakin bahwa insiden di Aceh Singkil bukan soal agama.

“Jadi kalau kemudian muncul gesekan-gesekan, apalagi sampai menimbulkan korban, itu sesungguhnya bukanlah karakter dari masyarakat Indonesia. Sehingga ada sesuatu di balik itu. Ada sesuatu yang lain,” katanya. (sumber: rappler.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.