Header Ads

Jam Astronomi dan Kisahnya Ke-605 Tahun

acehbaru.com - Situs sejarah ini bukan sembarangan. Ia hadir sebagai bagian dari dunia, namanya jam Astronomi Praha. Jumat, 9 Oktober tahun ini, jam astronomi Praha merayakan ulang tahun ke-605. Ia terlahir pada 1410.

Dari sejarahnya disebutkan jam ini adalah menempati jawara ketiga paling tua di Bumi dan satu-satunya jam tertua yang masih berfungsi.

Di usia yang sudah tak muda lagi , ulang tahun jam astronomi Praha kali ini turut mengambil perhatian salah satu mesin pencari raksasa yaitu google. Mereka menjadikannya jam Astronomi Praha untuk Doodle hari ini.

Bintang.com merilis Jam dengan ragam hiasan ini, dikenal dengan nama Orloj, salah satu ikon Praha yang paling terkenal di antara para pelancong. Berlokasi di Old Town Square, kamu tak akan melewatkan pemandangan jam astronomi ini ketika menjelajah jalan-jalan kota Paraha. Dalam pertiode tertentu, jam tua ini punya pertunjukkan yang ditunggu-tunggu oleh para turis setiap hari.

[caption id="attachment_26182" align="aligncenter" width="705"]Menginjak usia 605 tahun, jam astronomi Praha jadi yang paling tua di dunia. | via: richard-seaman.com/bintang.com Menginjak usia 605 tahun, jam astronomi Praha jadi yang paling tua di dunia. | via: richard-seaman.com/bintang.com[/caption]

Berupa munculnya 12 'guru' dari dua jendela untuk mengangguk ke arah kerumunan di bawah. Figur kiasan yang ada di jam ini termasuk kematian, berupa kerangka yang memegang jam pasir, orang Turki yang menggelengkan kepala dan kesombongan yang terefleksi di sebuah cermin. 12 zodiac medallion yang ada di bawah jam itu sendiri ditambahkan oleh Josef Manes pada 1865.

Jadi saksi bisu akan sengitnya pertempuran Perang Dunia II, sebagaian besar mesin jam ini tetap utuh. Hal itu membuatnya jadi jam tertua di jenisnya yang masih berfungsi hingga hari ini. Terdiri dari dua lempeng, yakni astronomi dan kalender, jam ini merepresentasikan cara dunia kuno mempersepsikan alam semesta.

Dipercaya, jam ini dibangun oleh Master Hanuš yang menurut legenda dibutakan oleh pemerintah setepat karena khawatir akan membangun jam yang sama di kota lain di Eropa. Dilanda stress, Master Hanuš dikabarkan melempaskan dirinya ke mesin jam dan menjemput ajal seketika.

Bagaimanapun, sebuah dokumen yang berhasil ditemukan pada 1961 mengatakan kalau jam ini dibuat oleh seorang Mikulas dari Kadan, yang bekerja sama dengan astronomer Jan Sidel. (ir/bintang.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.