Header Ads

Cegah Banjir, Aceh Timur Normalisasi Puluhan Kilometer Sungai

acehbaru.com | Aceh Timur– kabupaten Aceh Timur melalui anggaran APBK tahun ini akan menormalisasi puluhan kilo meter alur sungai. Proyek tersebut kata Pemda untuk mencegah banjir yang sering datang setiap penghujung tahun. Senin 26 Oktober 2015

Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib dalam kesempatan yang sama mengatakan, pengerukan sungai di Aceh Timur berlangsung tiap tahun dengan menggunakan biaya APBK, sehingga banjir di wilayah Aceh Timur perlahan bakal menghilang.

“Aceh Timur mendapat kiriman banjir dari pegunungan Bener Meriah dan Aceh Tenggara, sehingga Pante Bidari dan Lokop kerap banjir. Tapi jika sungai sudah bersih mulai dari desa hingga tembus ke laut, maka otomatis kegenangan banjir kiriman sudah tidak ada lagi,” ujar H.Hasballah yang akrap disapa Rocky itu.

Kepala Desa Kuta Lawah, Sofian mengatakan program pengerukan dan normalisasi sungai (alur) ini merupakan cara paling mudah dalam menangani bencana banjir.

“Penyebab banjir di Aceh Timur hanya dipengaruhi dangkalnya sungai dan alur mulai dari desa hingga ke kecamatan,” ujar Sofian (lia)

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.